in

variable dan operator di php

logo php

Selamat datang kawan kali ini saya akan membahas lagi nih mengenai php , kali ini saya akan bahas mengenai variable dan operator di php . Mungkin ada sebagian kawan kawan yang sudah tau apa itu variable dan operator dan bagusnya lagi di php ini operator gak jauh beda sama operator lainnya . Biar agak gak pusing dan emang gak akan pusing karena memahami variable dan operator itu mudah .

Baik saya pertama akan membahas dari variable . pertanyaan pertama tentu apa itu variable ? kalo menurut wikipedia

variabel adalah lokasi penyimpanan dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui atau informasi, nilai. 

Bisa cek disini 

Jadi intinya kalo menurut saya variable fungsinya adalah untuk menyimpan data . Sekarang apa itu operator . Operator adalah alat untuk memanipulasi data . Operator ini memiliki dua jenis yaitu operator perbandingan dan operator artmatika . Sudah jelas dari katanya saja , bahwa kalo aritmatika itu + , – , / , * , mod , Kalo perbandingan berarti membandingkan yaitu > (lebih besar dari) , < (lebih kecil dari), >= (lebih besar atau sama dengan) , <= (lebih kecil atau sama dengan), == (sama dengan ), != (tidak sama dengan) .

Kita balik lagi bahas variable , di variable itu ada tipe data untuk menentukan jenis datanya apa ?bisa angka (int), pecahan(double/float) , kata(string) , huruf(char) . Kalo di bahasa lain seperti c untuk membuat variable itu pelu tipe_data nama_variable; kalo di php kita cukup $nama_variable , untuk tipe datanya otomatis .

Untuk penulisan variable ini memiliki syarat syaratnya  , sebagai berikut

    Di awal dengan $tidak di awali dengan angka contoh $3kali; tidak mengandung simbol khusus seperti & ,*,( , dkk , contoh $f&sda;

Mungkin itu , contoh penulisan yang benar adalah 
$nama;$umur;$alamat;
Sekarang kita akan coba untuk membuat program pertambahan . untuk membuat program pertambahan ini kita membutuhkan dua variable dan kita gunakan operator artimatika yaitu +

<?php $angka1=5;$angka2=8;echo $angka1+$angka2;?>
maka hasilnya adalah 13 . Seperti saya bilang bahwa tipe datanya otomatis . contoh kita menjumlahkan integer (angka)  dengan pecahan (double) .
<?php $angka1=5;$angka2=8.231;$angka3=$angka1+$angka2;echo $angka3;?>
Maka hasilnya akan benar 13.231 .
Jadi itu dia bahas bahas mengenai variable dan operator , untuk opertor perbandingan kita di bagian percabangan saja . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik lagi . 

Written by admin