in

Tutorial java : Cara print di java dengan System.out.println()


Bisanya untuk memperlajari bahasa pemprograman apapun, ritualnya yang pertama kali di tulis adalah mencetak kata Hello world . Kenapa sih ? karena itu menandakan bahwa yang paling mudah dan akan berlanjut ke yang paling sulit (sedikit intermezzo).

Baca juga Sejarah singkat java

Sebelumnya memulai belajar java kalian harus terinstal dulu jdk ( java developer kit ). Kalo kawan kawan sudah terinstal kita gunakan saja notepad++ atau text editor lainnya agar tidak terlalu banyak instal aplikasi .

class pertama{
 public static void main(String args[]){
  System.out.println(“Hello world\n”);
 }
}

save dengan nama pertama.java

oke cara menjalankanya gimana ? sebelum menjalankan program pertama kita . kita harus compiler dulu , dengan cara buka command prompt , pindah direktori ke yang save tadi .

caranya dengan cd lokasinya

jika kita sudah berpindah , kita tinggal buat file .class karena itu merupakan compiler dari .java . Caranya gimana ? kita tinggal ketik javac namafilenya . Kalo yang kita save pertama.java berati mengetik

javac pertama.java

maka jika tidak ada error maka kita berhasil membuatnya .

Sekarang kita kita sudah melakukan kompiler sekarang kita tinggal jalankan dengan cara

java pertama

Maka akan tampil di cmd tulisan ” hello world ” .

membuat hello world di java

Untuk menampilkan hello world  di layar kita menggunakan System.out.println(“Hello world\n”); . Di bahasa java penulisan huruf besar dan huruf kecil di bedakan , jadi nulisnya harus sama . Untuk menjalankan program java dengan mengunakan fungsi main seperti di bahasa c .

Class merupakan blok pembangunan dimana aplikasi java dibagun .

Itulah pembahasan mengenai cara print di java. Lebih lanjut lagi belajar mengenai java disini.

Written by admin