in

Tutorial Cara menggunakan FPDF untuk membuat PDF

Tutorial Cara menggunakan FPDF untuk membuat PDF

Secara basic membuat file pdf dengan php dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi header(‘Content-Type: application/pdf’)? yang telah tersedia dari PHP itu sendiri. Namun alangkah lebih baiknya seorang web developer lebih mengedepankan kepada efisiensi tenaga dan waktu dengan mempergunakan libary tambahan yang notabenenya libary tersebut erat hubungannya dalam penyusunan file pdf, sehingga waktu untuk membuat aplikasi berbasis web tersebut dapat dipercepat.

Library tambahan ini sebenarnya adalah php script yang dapat anda unduh secara gratis, didalamnya berisi class-class yang dapat mempermudah anda untuk membuat laporan berformat pdf. 

yang pertama harus didownload terlebih dahulu fpdf nya, disini.

Baca juga  Membuat program cuaca otomatis dari data JSON dengan PHP

Setelah anda download silahkan lakukan ekstrak dalam direktori yang anda inginkan, pastinya anda harus mengekstraknya di bawah direktori htdocs. Jika tidak di dalam direktori htdocs scriptnya ya gak akan jalan. :D. Di sini saya melakukan ekstrak script inti fpdf.php ke di direktori /htdocs/fpdf/fpdf.php, sehingga jika saya mengakses fpdf.php dari luar direktori /fpdf menggunakan require jadi seperti ini :

require “../fpdf/fpdf.php”;

dengan dua titik di depannya.

Ya, silahkan atur-atur saja, yang penting intinya anda dapat menggunakan class-class yang ada dalam fpdf.php tersebut dengan mudah.

Berikut adalah contoh script sederhana menggunakan fpdf untuk membuat satu halaman A4 Landscape, dan didalamnya di tuliskan sebuah kalimat dengan font 12.

<?php

require “./fpdf/fpdf.php”;

$laporan=new FPDF(‘L’,’mm’,’A4′);

$laporan->AddPage();

$laporan->SetFont(‘times’,’B’,12);

$laporan->Cell(280,10,’Pembuatan File PDF’,1,1,’R’);

$laporan->Output();

?>

Lihat dalam bentuk pdf

Di sini saya jelaskan sedikit, pada script fpdf.php terdapat sebuah kelas inti yaitu FPDF yang mewakili pembuatan header bertipe pdf.

Baca juga Membuat program jadwal waktu sholat dari data JSON dengan PHP

Kalimat ini,

$laporan=new FPDF(‘L’,’mm’,’A4′);

Artinya sebagai pembuatan objek baru dari kelas FPDF dengan kata lain membuat file pdf , dengan kriteria halamannya itu Landscape (L) bisa juga dengan Portrait (P), satuannya millimeter (mm) dan ukuran pagenya A4.

Selanjutnya baris

$laporan->AddPage();

Digunakan untuk membuat halaman baru dari file pdf yang ada. Sehingga jika ditambahkan satu baris lagi $laporan->AddPage(); halamannya otomatis menjadi 2 halaman. Dan begitu seterusnya.

Baris selanjutnya,

$laporan->SetFont(‘times’,’B’,12);

Artinya kita mengeset font jenis times new roman, dengan cetak tebal, dan ukuran fontnya 12.

Kemudian baris selanjutnya,

$laporan->Cell(280,10,’Pembuatan File PDF’,1,1,’R’);

Untuk menuliskan sebuah kalimat cukup menggunakan Cell(), atau bisa juga MultiCell(). Dimana Cell() biasanya hanya dapat digunakan untuk membuat kalimat satu baris saja, sedangkan untuk MultiCell() dapat menghandle banyak baris.

Nilai 280 pada parameter awal, di gunakan untuk margin kiri kalimatnya.

Kemudian parameter kedua nilai 10, digunakan untuk margin atasnya.

Selanjutnya untuk menuliskan kalimatnya diletakkan di parameter ke 3.

Dan nilai 1 di parameter ke empat berfungsi untuk memberikan border, pada kalimat tersebut, selanjutnya nilai 1 di parameter ke 5 gunakan untuk posisi, apakah akan mengikuti parameter selanjutnya apa tidak, parameter selanjutnya yakni ?R? adalah untuk mengatur posisi dimana kalimat ini akan diratakan, apakah rata kiri, atau rata kanan.

Baca juga Membuat file JSON dengan PHP

Baris selanjutnya yaitu :

$laporan->Output();

Ini digunakan untuk menghasilkan file pdf nantinya.

Itulah cara menggunakan FPDF, untuk mengenal fungsi – fungsi laiinya di FPDF anda bisa lihat documentationnya disini.

Semoga artikel ini bermanfaat sampai jumpa di artikel lainnya.

Written by admin