in

Tips Sederhana Mendeteksi, Mencegah dan Menghapus Malware di Android

Tips Sederhana Mendeteksi, Mencegah dan Menghapus Malware di Android

Tips sederhana mendeteksi, mencegah dan menghapus malware di android – Apakah android kamu sempat atau sering diserang oleh virus atau malware ? Jika ya, maka hal itu dianggap hal yang lumrah sebab hal tersebut bisa dialami oleh setiap pemilik ponsel andorid. 

Bukankah android merupakan piranti yang tidak betul-betul aman dari malware ? Ya, meskipun kamu sudah melakukan beberapa tindakan pencegahan, ternyata masih ada kemungkinan android kamu bisa terkena malware yang berada di software.

Lantas, bagaimanakah cara menangani supaya hp andorid bisa aman dari gempuran malware ? Nah, bila kamu merasa khawatir dengan kemanan ponsel android kamu, artikel kali ini benar-benar tepat buat kamu baca. kamu perlu mengetahui beberapa tips simpel untuk mendeteksi, menahan dan menghapus malware di android. Berikut ini adalah paparannya.

Baca juga pembahasan lengkap tentang trojan horse (Malware)

 

Tips Sederhana Mendeteksi, Mencegah dan Menghapus Malware di Android

1.Tips Mendeteksi Malware

Jika ponsel android kamu tiba-tiba performanya berubah menjadi lelet atau batereinya cepat habis, kemungkinan android kamu sedang terserang oleh malware atau virus. Nah, bila android terus memunculkan iklan pop-up, hal tersebut bisa saja merupakan wujud serangan dari adware. 

Lalu, apa langkah penting supaya hp android kamu aman dari serangan malware ? Ya, dengan mengetahui malware, di mana ini akan berguna untuk mengetahui keberadaan malware tersebut yang ada di ponsel kamu. 

Kamu dapat memasang anti-virus untuk mendeteksi dan mengindentifikasi malware atau virus. Jika ada banner iklan bermunculan di atas aplikasi, dengan gampang kamu dapat ketahui tipe adware yang menyerang. Bagaimanakah cara kerjanya ?

Pertama masuk di menu Seting, lalu cari Apps for Draw, selanjutnya kamu akan mendapati daftar aplikasi yang mempunyai izin untuk berjalan di atas aplikasi lain

Berikutnya, jangan izinkan aplikasi mencurigakan yang berjalan di aplikasi yang lain. kamu pun bisa juga menghapus aplikasi yang meresahkan tersebut.

 

2. Cara Melindungi Android dari Malware

Mengenai beberapa langkah untuk melindungi android dari serangan malware, kamu dapat mengikuti cara di bawah ini ;

    Langkah pertama, matikan setting yang memungkinnya android kamu menempatkan aplikasi di luar Play Store. Langkahnya yakni ; masuk di Security Seting, lalu jangan izinkan penginstallan aplikasi dari sumber yang tidak jelasSelanjutnya, perbarui aplikasi sesudah update-nya tersedia di Google Play. Biasanya, tiap aplikasi yang menyediakan update akan disertai dengan peningkatan keamanan dan perlindungan pada data pemakainyaKemudian check semua izin aplikasi sebelumnya kamu mengambilnya. Jika izin tidak terkait dengan aplikasi itu, maka cari aplikasi lain untuk didownloadTerakhir, waktu memakai Wifi umum, pakailah VPN untuk melindungi data kamu

Baca juga tips beli hp gaming agar nyaman dipakai seharian

3. Cara Menghapus Malware dari Android 

Jika diketemukan satu aplikasi yang memiliki sifat mencurigakan, karena itu kamu dapat menghapus aplikasi itu dengan meng-uninstallnya. Bila tidak dapat di-uninstall lantaran aplikasi itu mempunyai administrator rights, maka kamu dapat menghapus administrator right lebih dulu dengan cara di bawah ini ;

    Pertama, masuk ke dalam Seting, lalu tentukan Security serta lihat di bagian Device Administrator. Disitu kamu akan mendapati menu Android Device Manajer di daftar tersebutKemudian cabutlah izin administartor rights ke aplikasi yang tidak dapat dihapus, lalu kamu dapat menghapus aplikasi itu. 

Nah, sesudah cara di atas selesai, lakukan pengetesan untuk mengetes apakah cara yang sudah dijalankan sudah sukses atau tidak. Langkahnya yaitu dengan me-restart android kamu, lalu sesudah handphone menyala, kamu dapat melihat apa performanya telah kembali normal atau belum. 

Jika masih ditemukan permasalahan, coba memakai aplikasi anti-virus. Akan tetapi jika memang ada virus dan berhasil diketahui serta dihapus sama anti-virus, itu berarti android kamu telah pada situasi baik saja!

Written by admin