in

sudah tau belum perbedaan ram dan rom pada komputer, laptop dan hp?

Apa perbedaan rom dan ram


Ketika kita menggunakan sebuah komputer atau laptop pasti ada yang namanya ram dan rom. Karena ram dan rom memiliki persamaan yaitu komponen yang penting dalam komputer. Tetapi ram dan rom memiliki banyak sekali perbedaan . Terus apa saja perbedaannya ? yuk simak.

baca juga Perbedaan GUI dan CLI

Apa perbedaan rom dan ram ?

1. Perbedaan dari pengertian

RAM (Random access memory ) adalah komponen penyimpanan data program yang digunakan untuk menjalankan proses – proses yang terdapat pada komputer, laptop, dan hpyang sedang berjalan.
Sedangkan ROM ( Read Only Memory ) adalah komponen penyimpanan yang berfungsi menyimpan program – program yang ada pada komputer, hp, dan laptop. 

Baca juga Sistem operasi kemanusian kepada sesama

2. Perbedaan dari sifat penyimpanan data

RAM merupakan penyimpanan data yang bersifat sementara atau bisa saja hilang ketika perangkat dimatikan. 
Sedangkan ROM meiliki sifat penyimpanan data yang tidak akan hilang, bahkan jika perangkat dimaktikan.

3. Perbedaan dari Daya yang digunakan

RAM membutuhkan daya listrik untuk menyimpan data program sehingga data tersebut bisa hilang ketika perangkat di matikan . 
Sedangkan ROM tidak membutuhkan data listrik, oleh karena itu penyimpan di ROM tidak akan hilang meskipun perangkat di matikan.

Baca juga Pebedaan link dan url

4. Perbedaan dari kapasistas

RAM memiliki kapasitas MB hingaa GB yang memliki kecepatan yang cukup cepat dibanding dengan ROM. Selain itu RAM kita juga bisa menambah kapasitas RAM, sehingga dadpat meningkatkan performa dari perangkat itu sendiri. 
Sedangkan ROM tidak bisa ditambah kapasitasnya dan tidak bisa sembarangan diotak – atik karena telah diisi oleh pabrikkannya.

5. Perbedaan dari penulisan dan pengisian data

RAM dapat ditulis sewaktu waktu ketika perangkat hidup. 
Sedangkan ROM dalam pengisian data tidak dapat ditulis atau diisi dengan mudah. 
Misalkan kita membeli sebuah hp dengan ROM 2 GB, maka tidak sepenunya tetapi hanya sebagian saja karena sebagian data didalam rom sudah terisi oleh sistem pabriknya.

Baca juga Apa itu wesite

6. Keamanan

Dari segi keamanan RAM dalam penyimpanan data program mudah hilang, apa lagi ketika preangkat dimatikan. 
Sedangkan ROM terbilang lebih aman tidak mudah hilang karena datanya sendiri bersifat pemanen, dan ketika perangkat dimatikan data dari ROM tidak akan hilang.

7. Jenis Produk

Produk RAM memliki berbagai jenis, tetapi ada dua yang umum di pakai  yaitu DRAM dan SRAM. DRAM . SRAM lebih cepat dari DRAM, karenan SRAM memiliki kecepatan 10 nanodetik sedangkan DRAM 60 nanodetik.
Produk ROM juga memiliki jenis lainnya yaitu PROM (Programmable Read Only Memory) yang diproduksi sebagai memori yang kosong. Sebagai contoh CD-ROM.

Baca juga Apa itu HTTP injektor

Akhir kata

Dengan mengetaui pebedaan dari RAM dan ROM kita bisa lebih mudah untuk membeli perangkat elektorik komputer,  hp atau laptop yanag sesuai dengan kebutuhan kita. jika bermanfaat silahkan share artikel ini. 

Written by admin