in

Struktur dasar HTML

Selamat datang kawan di jutsu coding . Kali ini untuk pertama kalinya saya akan share mengenai HTML . HTML merupakan gerbang depan untuk membuat sebuah website . Jadi mempelajari HTML itu penting . HTML apa sih itu ? HTML merupakan singkatan dari Hyper text markup language . HTML dapat menampilkan berbagi macam , sepeti foto , atau visual lainya , text , dan kawan kawan .

Untuk membuat sebuah html kita memerlukan yang namanya text editor , Sekarang banyak sekali text editor yang memudahkan kita untuk membuat sebuah aplikasi web , contohnya notepad++ , atom , dan kawan kawan . Sebetulnya kawan kawan tidak perlu download text editor juga bisa , tinggal pakai notepad yang ada di komputer kalian . Tetapi akan lebih ribet sekali , makanya kita membutuhkan yang namanya text editor . Kalo saya menggunakan Notepad++ karena ukurannya kecil , jadi saran menggunakan saja notepad++ . Download Di website resminya gratis .

Oke jika kawan kawan sudah mempunya text editor dan sudah terinstal text editornya , sekarang kita buka text editornya . Ketikan kode berikut


<!doctype html>
<html>
<head>
<title>Selamat datang</title>
</head>
<body>
Hello dunia
</body>
</html>

Save dengan nama hello.html , jika sudah di save sekarang kita buka , maka akan tampil , hello dunia di layar dan di bagian atasnya Selamat datang .


Yang artinya untuk <head> adalah yang bagian kepalanya dan untuk <body> yang bagian badanya atau isinya dan <title> untuk judul diatasnya . <html> itu awalnya dan <!doctype HTML> agar jadi HTML5 , jadi kalo <!doctype HTML> di hapus pun tidak apa apa , tetapi tidak akan HTML5 akan HTML4 , tentu seiring dengan berjalannya waktu kita akan paham .

Oke itu dia bahas struktur dasar HTML . Semoga bermanfaat dan juga menambah pengetahuan kawan kawan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel  ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya

Written by Bago Cyber