in

Struktur dasar algoritma


Kali ini bahas bahas mengenai struktur dasar algoritma . Sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai apa itu algoritma. Sekarang saya akan bahas bahas mengenai stuktur dasar pada algoritma . Struktur dasar pada algoritma itu ada tiga yaitu, runtunan, pencabangan, dan perulangan . Baik saya akan bahas ketiganya .

Baca juga apa itu algoritma ?

Runtunan

Struktur runtunan ini tidak asih lagi . Kalo kita sebelumnya di artikel pengertian algoritma telah membahas mengenai contoh algoritma tentang gelas nah seperti itulah runtunan, jadi hanya lurus saja . Baik contoh persoalannya seperti ini

Kita memiliki 2 gelas yaitu sebut saja gelas a berisi air kopi dan b berisi air teh, nah kita ingin memindahkan air yang berisi teh ke gelas a dan air yang berisi kopi berpindah ke gelas b . Caranya gimana sih ? Coba kita gunakan algoritma, ingat algoritma itu adalah langkah langkah memecahkan masalah secara logis, Jadi coba kita gunakan langkah langkah .

Solusinya  adalah kita sediakan lagi satu gelas yang kita beri nama gelas c yang isinya kosong .

Pindahkan isi gelas a ke c. sekarang gelas c sudah terisi kopi dan a kosongPindahkan isi gelas b ke a, sekarang gelas a sudah terisi teh dan b kosongPindahkan isi gelas c ke b, sekarang gelas b sudah terisi kopi dan c kosong.sekarang gelas a sudah berisi teh dan gelas b sudah berisi kopi. selasai.
Jadi itu maksudnya hanya lurus saja tidak ada kondisinya . Kalo masih belum paham nanti coba bandingakan dengan struktur lain.

Percabangan 

Struktur dasar yang kedua adalah percabangan . Seperti pada katanya percabangan berarti ada dua . Contoh permasalahannya adalah menentukan status siswa diremedial atau tidak diremedial kkmnya adalah 75 . Misal salah seorang siswa memiliki nilai 60 .
Solusinya adalah
Pertama bandingkan nilai siswa dengan kkm.Jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan kkm maka siswa tersebut tidak mengikuti remedial . selesai .Jika nilai siswa lebih kecil dari kkm maka siswa tersebut mengikuti remedial . selesai . Nah karena ceritanya si nilai siswa itu adalah 60 maka akan mengikuti remedial . Jadi percabangan itu ada kondisinya . Dimana kodisinya itu adalah nilai siswa harus lebih besar atau sama dengan kkm jika iya maka tidak mengikuti remedial dan jika tidak maka mengikuti remedial .

Perulangan 

Baik yang terakhir adalah perulangan . dari katanya saja perulangan berarti mengulangan ulang . Contohnya seperti di sebuah balapan mobil yang terus mengulangan mengelilingi strak hingga lapnya seselai . Saya akan memberikan contoh permasalahan kalo di pemprograman . Permasalahannya adalah saya ingin menulis kata “algoritma” sebanyak 10 kali.

variable i=0jika variable i lebih kecil dari 10 maka cetak kata “algoritma” dan lakkukan penjumlahan i=i+1 ulangin step 3 . jika tidak maka selesai (artinya jika kondisinya salah maka selesai ) .Kalo masih bigung saya coba jelaskan lagi . yang pertama ada variable i=0 . jika varible i lebih kecil dari 1 maka cetak  kata “algoritma” dan lalukan penjumlahan i=i+i ulangi step 3 dan jika variable i sudah sama dengan atau lebih besar 10 maka selesai . Mungkin kalo masih bingung, tetapi nanti kalo di kalo kita sudah belajar pemprograman tidak bigung . 
Baik itu dia bahas bahas mengenai runtunan,  percabangan, perulangan . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Written by admin