in

Sejarah Singkat Java

logo java

Selamat datang kawan kawan, kali ini saya akan menceritakan sejarah singkat java . Baik langsung saja kita mulai, sebelum dimulainya kawan kawan jangan sampai ngatuk dan siapkan satu saset kopi .  Pada tahun 1991, sekelompok insinyur Sun Microsystem, inc yang dipimpin oleh patrick Naughton dan James Gosling merancah bahasa untuk perangkat konsumer seperti cable TV box . Karena perangkat tidak mempunyai banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan menghasilkan kode yang liat. Karena pabrikan – pabrikan berbeda memilih pemproses – pemproses berbeda maka bahasa harus netraal arsitektur manapun . Proyek diberi nama kode “Green” yang berjalan selama 18 bulan dari tahun 1991 sampai 1992 .

Karena banyak orang – orang yang di proyek ini yang menguasai C++ kebanyakan sintaks diambil dari C++ serta mengadopsi OOP, bukan prosedural . Asalnya bahasa ini di beri nama Oak , tetapi karena sudah ada bahasa yang bernama Oak akhirnya diganti dengan nama Jawa eh salah Java maksudnya ( bercanda jangan terlalu serius ) .

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7” (Star Seven).

Awalnya proyek *7 ini belum ada yang tertarik , karena saat itu belum tertarik dengan produk konsumer cerdas maka proyek Green harus menemukan pasar lain. Saat itu menjadi Teknologi web .  Pada 1995, Netscape membuat browser yang dilengkapi java . Setelah itu banyak yang mengikuti yaitu IBM, Symantec dan microsoft .

Saat itulah java mulai dikenal di banyak orang . Berbagai Universitas Amerika, Jepang dan Eropa memperkenalkan bahasa pemprograman java, dan meninggalkan C++ . Karena java ini lebih sederhana dan memiliki fitur fitur yang penting .

Java ini merupakan bahasa pemprograman modern, serta memiliki kumpulan libary libary yang kita tinggal panggil dan gunakan . Tetapi kita tidak perlu mengetahui semuanya . Kita cukup mengetahui yang penting pentingnya saja .

Nah itu tadi mengenai sejarah singkat java . Nanti saya akan share share coding coding java . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Sumber : buku yang ane baca dan wikipedia .

Written by admin