in

Sejarah dan Perkembangan jaringan 1G sampai dengan 5G (Lengkap)

what is 5g


Di jaman Modern ini, mendengar kata Internet sudah tidak asing bagi kita semua. Tentunya internet berkembangan dengan cukup pesat, mulai dari jaringan 1G sampai dengan jaringan 4G, bahkan akhir-akhir ini kita mendengar tentang jaringan terbaru yaitu 5G. Apakah kalian tau? bagaimana sih perkembangan jaringan tersebut. Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan jaringan dari mulai 1G sampai dengan 5G.

Sejarah Perkembangan Jaringan 1G – 5G

1. Jaringan 1G5g vs 4g
1G adalah jaringan generasi pertama yang merupakan teknologi seluler nirkabel (Telekomunikasi Seluler). Jaringan ini adalah standar telekomunikasi yang diperkenalkan pada tahun 1980-an. Teknologi tersebut menggunakan sistem analog yang dikenal dengan nama AMPS (Advanced Mobile Phone System) dan TACS. Umumnya layanan tersebut hanya dapat berkomunikasi berupa suara dengan kecepatan 1 kbps ke 2.4 kbps. 

2. Jaringan 2G


Jaringan 2G


Setelah 1G muncul kemudian pada tahun 1990-an, tepatnya 10 tahun kemudian jaringan 2G pun diluncurkan di Finlandia oleh Radiolinja dengan menggunakan teknologi GSM (Global System For Moblie).Adapaun kelebihan menggunakan teknologi GSM yaitu dapat memungkinkan user untuk bisa berkomunikasi dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan kecepatan 14 kbps ke 64 kbps. Selain itu teknologi 2G sudah dilengkapi dengan komunikasi teks atau biasa kita sebut SMS.

3. Jaringan 3G


Jaringan 3G
Jaringan 3G adalah sebuah teknologi yang merupakan evolusi dari jarinagn 2G dan 2,5G (GPRS Network) yang diluncurkan pada tahun 2000-an dan dikenal dengan dengan istilah IMT-2000 (Internasional Mobile Telecomunication 2000) yang mana teknologi tersebut menghadirkan sebuah perubahaan dalam kecepatan pemindahaan data dengan kecepatan rata-rata 384kbps sampai 2mbps. Selain itu teknologi 3G sudah dilengkapi dengan akses internet dan lain-lain.

4. Jaringan 4G


Jaringan 4G


Jaringan 4G atau dikenal dalam istilah bahasa inggris fourth-genertion technology adalah sebuah jaringan yang merupakan pengembangan dari jaringan 3G dan 2G, dimana terdapat 2 standar di dunia yaitu WIMAX (Korea Selatan tahun 2006) dan LTE (Long Term Evolution). Tujuan diciptakannya jaringan 4G adalah untuk memberikan layanan dengan kecepatan tinggi, kulaitas tinggi, keamanan tinggi serta kapasitas yang tinggi dalam layananya, dimana kecepatan transfer data mulai dari 100mbps sampai dengan 1gbps.  

5. Jaringan 5G

Yang terakhir adalah Jaringan 5G atau disebut juga dalam bahasa inggris Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut generasi kelima sebagai fase selanjutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G (generasi empat). Teknologi generasi kelima ini rencananya akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020, sehingga kabarnya pada saat ini masih terlalu dini sekali untuk mengetahui akan seperti apakah jaringan 5G tersebut. 

Baca juga Apa itu 5G dan Manfaat jaringan 5G

Oke guys…cukup sekian yang dapat Admin G sampaikan tentang “Sejarah perkembangan 1G samapai dengan 5G” mohon maaf bila ada salah kata, dan juga jangan lupa untuk selalu support website ini 🙂

Written by admin