in

RANGKUMAN SOFTWARE REQUIREMENT

 Kali ini kita akan membahas tentang apa itu software requirement. Sebelum membahas mengenai software requirement alangkah lebih banyaknya kita memahami apa itu software. Software adalah program komputer, prosedur, dokumentasi dan data berkaitan untuk mengoperasikan sistem komputer. untuk lebih lengkap pengertian software bisa dibaca disini.

Sekarang apa itu requirement ?

Requirement (persyaratan) mencerminkan kebutuhan customer untuk sistem yang memiliki tujuan tertentu, seperti mengendalikan perangkat, menempatkan pesanan atau mencari informasi.

Requirements Engineering (RE) merupakan proces menemukan, menganalisa, mendokumentasikan, memeriksa layanan dan batasannya.

Requirement berisi pernyataan abstrak layanan sistem yang harus tersedia atau batasan sistem. 

Baca juga Pengertian dan contoh Rekayasa Perangkat Lunak

Jenis-jenis informasi requirement

Hubungan antara Beberapa Jenis Requirement Informasi

    Business Requirement : tujuan tingkat tinggi bisnis organisasi yang membangun produk atau yang customer peroleh.Business Rules : kebijakan, pedoman, standar atau regulasi yang membatasi beberapa aspek bisnis.Constraint : batasan yang dikenakan dalam pilihan yang tersedia bagi pengembang untuk mendesain dan mengkonstruksi produk.Eksternal Interface Requirement : Gambaran hubungan antara sistem software dan user, sistem software lainnya  atau perangkat hardwareFeature : merupakan satu atau lebih kapabilitas sistem yang menyediakan nilai bagi pengguna dan dijelaskan oleh suatu set functional requirement.Functional Requirement : Gambaran perilaku sistem yang akan ditampilkan dalam kondisi tertentu.NonFunctional Requirement : Gambaran properti atau karakteristik sistem yang harus ditampilkan atau batasan yang harus dipatuhi.Quality Attribute : adalah jenis dari non-Functional Requirement yang menggambarkan layanan atau karakteristik performance produkUser Requirement : adalah tujuan atau tugas spesifik pengguna yang mampu dilakukan dengan sistem atau atribut produk yang diharapkan.System Requirements : merupakan penjelasan dari apa yang sistem harus lakukan, layanan yang tersedia dan batas operasinya. System Requirement : requirement produk level atas yang berisi beberapa subsistem, bisa jadi seluruh software atau software dan hardware.

Dokumen SRS

SRS merupakan dokumen analis bisnis kebutuhan fungsional, menggambarkan keseluruhan perilaku penting yang diharapkan dari sistem software.

SRS digunakan dalam pengembangan, pengujian, jaminan kualitas, manajemen proyek dan yang berhubungan dengan pekerjaan proyek

SRS memiliki standar berdasarkan ISO/IEC/IEEE/2011.SRS mencakup dokumen business requirements, functional spesification, requirement documentdan lainnya.

Baca juga Manajemen pemartisian statis dan dinamis

Klasifikasi Software System Requirements

Functional requirements, (dinyatakan secara eksplisit apa yang dilakukan sistem) 

    pernyataan layanan sistem yang tersediabagaimana sistem bereaksi terhadap input tertentubagaimana kelakuan sistem dalam situasi tertentuSpesifikasi sistem functional requirements harus lengkap (seluruh layanan yang dibutuhkan oleh user didefinisikan) dan konsisten (definisi requirements tidak berlawanan). – praktisnya sulit untuk mencapai requirements lengkap dan konsisten 

Contoh functional requirements

    Software secara otomatis memvalidasi customer berdasarkan Contact Management SystemSistem penjualan harus mengijinkan user untuk merekam transaksi penjualanWarna latar belakang seluruh aplikasi window berwarna biru dengan hexadecimal RGB 0x0000FF.Hanya karyawan level manager yang memiliki hak untuk melihat data keuntungan.Sistem software harus terintegrasi dengan API bank

Non-functional requirements, (berlaku untuk keselurhan sistem)

    Batasan layanan atau fungsi yang ditawarkan sistem. Mencakup batas pemilihan waktu, batas pengembangan proses dan batas yang dikenakan oleh standarMisalnya reliability, respon time, security, performancekapabilitas I/O devices, merupakan data representation yang digunakan dalam antar muka (interface) dengan sistem lain

Contoh non-functional requirements

    Para pengguna haru merubah password  setelah berhasil melakukan login pertama kali, password awal, dan password awal tidak dapat dipergunakan lagi.Para karyawan tidak diijinkan untuk mengupdate informasi gaji. Jika ada yang melakukan update, akan dilaporkan ke security administrator.Setiap upaya kegagalan akses user akan direkam pada audit trail.Website harus memiliki kemampuan untuk menangani 20 juta pengguna yang berdampak pada kinerja websiteSoftware harus bersifat portable, dapat berpindah dari satu OS ke OS yang lain tanpa masalah.Informasi yang bersifat rahasia, data yang di export secara terbatas, memiliki intellectual property rights, harus diperiksa

Baca juga Apa itu Technopreneurship ?

Memodelkan Requirement

Terdapat beberapa cara untuk memodelkan requirement, tentu diagram – diagram tersebut diseseauikan dengan kebutuhan, berikut cara memodelkan requirement :

Data Flow Diagrams (DFDs)Process Flow Diagrams seperti swimlane diagramsState-Transition Diagrams (STDs) dan state tablesDialog mapsDecision Tables dan Decision TreesEvent-Response tablesFeature TreesUse Case DiagramsActivity DiagramsEntity Relationship Diagrams (ERDs)

Akhir kata 

itulah pembahasan mengenai apa itu requirement, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Written by admin