in

Perulangan pada javascript

logo javascript

Pengertian perulangan 

Kali ini saya akan bahas mengenai perulangan pada javascript . Perulangan merupakan salah satu struktur dasar pada algoritma. Jadi di semua pemprograman juga pasti ada perulangan, tentunya kalian wajib memahami perulangan pada javascript itu . Tetapi tenang saja perulangan itu mudah kok . Baik sebelum kita ngoding saya akan menjelaskan dulu perulangan pada javascript . Perulangan di ibaratkan kita sedang mengikuti sebuah balapan mobil yang harus juara dengan mengeliliki lap tersebut di sesuaikan dengan lapnya . Sama juga kita ingin melakukan perintah yang sama berulangan ulang .

Baca juga struktur dasar pada algoritma

Mungkin sedikit bingung tetapi ketika coba  ngoding rasa bingung itu akan perlahan menghilangan . Sebelumnya didalam javascript itu ada beberapa cara membuat perulangan yaitu dengan while, do while dan for, tentu ke tiga tiganya memiliki perbedaan .

Perulangan dengan for di javascript

Baik yang pertama saya akan bahas adalah  mengenai perulangan for . Langsung saja ini dia struktur penulisannya .
for(start;kondisi;increment){ statement;}
Start kondisi awal pada saat perulangan . Biasanya kondisi ini untuk memberikan nilai awal pada perulangan misalnya var i=0 .
Kondisi untuk membandingkan apakan memenuhi syarat dan tidaknya nilai tersebut, misal i<=10, karena i=0 maka memenuhi dan melaksanakan perintah . 
Increment biasanya untuk merubah nilai posisi awal, misal yang tadinya variable i adalah 0 maka di rubah dengan increment ini, misal i++ artinya i=i+1 . Kenapa increment dibutuhkan ? karena misal kita tidak pakai increment maka akan terus melakukan statment dan tidak akan berhenti perulangan tersebut.
statement, perintah yang akan dilaksanakan jika memenuhi syarat dari kondisinya . Misalnya kita ingin menulis kata “Wandi Ganteng” atau apalah . 
Baik kita lanjut sekarang kita akan menulis kata ” Saya tidak mengerjakan PR ” sebanyak 100 kali . Kita akan membuat contoh program di atas dengan perulangan for .
<h1>Belajar perulangan di javascript</h1><script language=”javascript”><!–for(var i=1;i<=100;i++){ document.write(i+”.Saya tidak mengerjakan PR<br>”);}//></script>
Makan akan melakukan instruksi document.write(i+”.Saya tidak mengerjakan PR<br>”); yang menampilkan Saya tidak mengerjakan PR sebanyak 100 kali . Jadi prosesnya kita mebuat nilai awal dulu yaitu var i=1, lalu akan ada kondisi i<=100 jika nilai i lebih kecil atau sama dengan 100 maka melakukan instruktsi, setelah melakukan instruksi maka nilai i akan bertambah i dengan i++ seperti yang telah saya bahas sebelumnya . 

Perulangan dengan while di javascript

Lanjut lagi saya dengan while, while ini hampir sama dengan for yang membedakan hanyalah penulisannya . Gimana sih stuktur penulisannya ? ini dia .
while(kondisi){ statement;}
seperti saya bilangan bahwa harus ada kondisi awal dan incrementnya. Jadi increment nanti masuknya di statement. Biar paham saya kasih contohnya . Contohnya akan sama seperti yang for, yaitu menulis “.Saya tidak mengerjakan PR ” sebanyak 100 kali . 
<h1>Belajar perulangan di javascript</h1><script language=”javascript”><!–var i=1;while(i<=100){ document.write(i+”.Saya tidak mengerjakan PR<br>”); i++;}//></script>
Hasilnya akan sama . Terlihatkan lebih ribet kalo menurut saya di bandingkan dengan for, karena for itu udah istilahnya satu paket. Berbeda dengan while di pisah pisah . Kalo saya menggunakan while itu suka lupa di incrementnya i++;, jadi saya suka menggunakan for kalo perulangan .

Perulangan dengan do while di javascript

Perulangan dengan do while ini agak berbeda dengan yang sebelum sebelumnya . Tetapi fungsinya sama untuk mengulangan perintah yang sama . Bedanya do while melakukan statement dulu lalu mengecek kondisi . Saya akan bedakan dengan dua contoh untuk do while. Sturktur penulisannya 
do{ statement;}while(kondisi);
Baik saya akan  kasih contoh program perulangan do while .
<h1>Belajar perulangan di javascript</h1><script language=”javascript”><!–var i=1;do{ document.write(i+”.Saya tidak mengerjakan PR<br>”); i++;}while(i<=100);//></script>
Maka akan menampilkan hasil yang sama .Sekarang kalo kita ubah kondisinya jadi i>=100 (jika i lebih besar atau sama dengan 100) . 
<h1>Belajar perulangan di javascript</h1><script language=”javascript”><!–var i=1;do{ document.write(i+”.Saya tidak mengerjakan PR<br>”); i++;}while(i>=100);//></script>
Maka akan menampilkan hanya satu kali saja . Karena prosesnya seperti ini . Pertama melakukan perintah dulu lalu mengecek kondisinya yaitu jika i lebih besar atau sama dengan 100, karena i itu satu maka 1 tidak lebih besar atau sama dengan 100 jadi perulangan itu berhenti .  Kalo yang lain kita coba kondisinya ubah jadi i>=100 maka tidak akan melakukan perintah apapun . Contohnya 
<h1>Belajar perulangan di javascript</h1><script language=”javascript”><!–var i=1;while(i>=100){ document.write(i+”.Saya tidak mengerjakan PR<br>”); i++;}//></script>Maka tidak akan melalukan apapun, karena pertama jika i>=100 maka melakukan perintah, karena i kita 1 maka perulangan itu berhenti.sama hanya dengan for . 
Jadi itu bedanya perulangan do while dengan for dan while. Kalo do while melakukan statement dulu lalu mengecek kondisi sedangan untuk for dan while sebaliknya . 
Baik saya akhiri saja . Intinya perulangan itu digunakan untuk jika ada perintah yang sama maka gunakan saja perulangan .Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Written by admin