in

Perbedaan Vektor dan Bitmap


Desain grafis merupakan bidang yang banyak di geluti akhir akhir ini. Mungkin juga pembaca ini adalah masta desain grafis, jadi maaf masta kalo ada yang salah, karena kali ini JutsuCoding akan membahas mengenai perbedaan vector dan bitmap .Yuk simak

Apa sih pentingnya mengetahui perbedaan vector dan bitmap ?

Kalo kalian memahami perbedaan vector dan bitmap kalian bisa menyeseuaikan apa yang harus dipakai sesuai dengan kebutuhan.

Desain vector

Vector adalah gambar digital yang berbasi persamaan perhitungan matematis. Gambar dengan format vector memiliki ciri jika diperbesar atau diperkecil tidak pecah maupun blur, karena vector gambar yang dibentuk dari gabungan titik dan garis yang membentuk sebuah objek.Contohnya adobe illustrator.

Desain bitmap

Bitmap adalah representasi dari citra grafis. Bitmap terdiri dari titik titik yang tersusun dan tersimpan dalam memori komputer. Setiap titik diawali oleh satu bit untuk gambar hitam putih atau jika berwarna akan bernilai lebih besar. Contohnya adobe photoshop.
Setelah kalian mengetahui pengertiannya mari kita simak perbedaan vector dan bitmap

1. Kualitas

Jika desain vector diperbesar atau diperkecil maka gambar tidak akan percah maupun blur, sedangkan bitmap sebaliknya jika diperbesar atau diperkecil gambar akan rusak, pecah, dan blur.

2. Ukuran

Desain vector jika disimpan maka akan relatif lebih besar dibandingkan dengan gambar bitmap.

3. Sifat

Desain berformat vector memiliki sifat yang tidak dipengaruhi oleh resolusi, sedangkan gambar berformat bitmap sebaliknya dipengaruhi oleh resolusi.

4. Susunan

Gambar berformat vector disusun dengan objek geometris dan dibut berdasarkan perhitungan yang matematis, sedangkan gambar bitmap disusun dalam objek yang berbentuk pixel.

5. Kegunaan

Desain vector biasanya digunakan untuk desain logo sedangkan desain bitmap biasanya digunakan dengan warna yang beragam, contohnya adalah foto.
Itulah perbedaan grafis vector dan bitmap, mudah mudahan bisa dipahami.

Written by admin