in

Perbedaan native,hybrid dan web mobile dalam pemprograman mobile

Native, Hybrid, web mobile siapa yang lebih baik ?


Didalam membuat sebuah aplikasi berbasis mobile ada beberapa teknik untuk membuat aplikasi mobile, diantaranya secara hybrid, native dan mobile web.

Aplikasi Hybrid

Aplikasi hybrid adalah mengabungkan bahasa pemprograman web dan bahasa yang selayaknya untuk membuat aplikasi device yang di inginkan . misal fitur anu tidak bisa dibuat dengan bahasa pemprograman web maka akan dibuat dengan bahasa pemprograman yang sesuai dengan device yang di tuju . Jadi intinya aplikasi hybrid ini menggabungkan antara aplikasi web dan native . Aplikasi hybrid ini tersedia di app store .

Baca juga Pengertian intel xdk

Aplikasi Native

Oke yang kedua adalah aplikasi native . Aplikasi ini berjalan pada perangkat mobile , dan diakses melalui ikon yang ada pada layar . Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemprograman yang selayaknya di gunakan untuk membuat aplikasinya . Misal kita  akan membuat aplikasi android berarti menggunakan java dan SDK . Aplikasi native inti biasanya dikembangkan secara khusus untuk 1 platform saja , dan dapat menggunakan semua fitur yang ada pada masing masing device seperti GPS , kamera , dkk . Aplikasi native juga adapat menggunakan notifikasi device , dan juga dapat bekerja secara offline .

Baca juga Bahasa untuk pemprograman mobile

Aplikasi Mobile Web

Aplikasi yang ketiga adalah mobile web . Aplikasi mobile web ini dijalankan menggunakan browser yang ada di device kawan kawan .Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan HTML5 , css , javascript , php dan kawan kawan .

Baca juga Apa itu arduino?

Akhir kata

Itulah perbedaan antara hybrid, native, dan mobile web. Teknik apapun yang digunakan baik, tergantung kebutuhan.

Written by Bago Cyber