in

Perbedaan metode POST dan GET di php

Logo PHP

Apa sih perbedaannya ? memang harus sama global varible dengan metodenya ? Untuk menjawab itu semua marilah kita konding sejenak , ngoding di mulai .

metode POST

Pertama tama kita akan bahas metode POST dulu .

<?php
if(isset($_POST[‘submit’])){
echo $_POST[‘nama’].” “.$_POST[‘umur’];
}
?>
<form method=”POST”>
<input type=”text”name=”nama”>
<input type=”text”name=”umur”>
<input type=”submit”name=”submit”value=”submit”>
</form>

Metode Post

Jika melakukan pengiriman dengan mengunakan metode post lalu akan merealod , karena kita tidak menambahkan artibut action . Karena kita melakukan dengan mengunakan metode POST maka global valiablenya pun POST dan penulisanya dengan $_POST[‘namanya’] .

isset itu berfungsi jika $_POST[‘submit’] == 1 atau benar ada , maka akan melakukan echo . Sekarang kawan kawan sudah mengetahui metode POST kali ini kita akan lanjut dengan mengunakan metode GET .

Kelebihan POST

    Tidak terlihat di urlLebih aman kalo seperti login , daftar , pokoknya kalo ada form input lebih baik dengan mengunakan metode POST .pajang string bebas 

Kekurangan POST

    Tidak bisa mengunakan hyperlinktidak cocok untuk logout , hapus ada , atau yang berhubungan dengan pengabilan data dengan hyperlink

Baca juga Validasi dengan php .

Baca juga membuat form interaktif dengan javascript

Metode GET

Kedua . metode GET .

<?php
if(isset($_GET[‘submit’])){
echo $_GET[‘nama’].” “.$_GET[‘umur’].”<br>”.isset($_GET[‘submit’]);
}
?>
<form>
<input type=”text”name=”nama”>
<input type=”text”name=”umur”>
<input type=”submit”name=”submit”value=”submit”>
</form>

Metode GET

get artinya dapat , dapat dari mana ? dapat dari url . nah sudah terlihatkan perbedaannya . Metode get ini tidak cocok kalo untuk membuat login , akun dan kawan kawan , karena bisa saja user ketika mengisi form sudah di klik submit lalu di rubah lagi di urlnya dan tinggal di reload  . Metode GET ini cocoknya untuk pengirim dengan menggunakan hyperlink , misal ingin mendelete , update , logout  data , gak mungkin pake formkan pasti dengan hyperlink . Nah dengan metode GET ini cocoknya .

Kelebihan

    Cocok untuk logout , hapus data , dan kawan kawan karena bisa menggunakan hyperlink

Kekurangan 

    Terlihat di url , tentu bisa di ubah ubah oleh user .Di batasi dengan 2047 karakter panjang stringTidak cocok yang berhubungan dengan form input .

Jadi intinya metode POST dan GET itu sama sama saling menutupi kekurangan satu sama lainnya , tinggal memikirkan dimana yang tepat untuk mengunakan metodenya . Oke mungkin itu dia perbedaan metode POST dan GET , kelebihan dan kekurangan POST dan GET . Semoga menambah wawasan dan juga menambah manfaat . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Written by admin