in

Perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN Lengkap dengan kelebihan dan kekuranganya


Internet bagi kita semua pasti sudah menjadi makan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali semua orang pasti menggunakan Internet, tapi apakah anda tau internet yang anda gunkaan saat ini termasuk kedalam jaringan apa ?

Nah maka dari itu disini Admin G akan membahas tentang apa sih perbedaan jaringan (LAN, MAN & WAN) itu dan bagaimana sih sejarah perkembangannya. Berikut ini adalah Pengertian dan sejarah perkembangan jaringan tersebut :

LAN (LOCAL AREA NETWORK)

Lan atau (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang memungkinkan dua atau lebih komputer saling terhubung satu sama lain yang hanya mencakup wilayah lokal atau bisa disebut jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di dalam area jaringan LAN.

Baca juga : Perbedaan Internet dan Intranet

Contoh jaringan Lan dapat kita lihat seperti jaringan yang berada di Sekolah, Kampus, Warnet, Perusahaan dan sebagainya.

    Kelebihan 

1. Pemakaian sumber daya Jaringan digunakan secara bersama-sama2. Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi seperti contohnya jaringan di Warnet3. Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem atau server4. Mengurangi pemakaian kabel (LAN atau RJ 45) jika dibandingkan dengan sistem Client to Client

    Kekurangan

1. Jaringan Lan hanya mencakup wiliyah lokal saja (LAN)2. Jika terlalu banyak komputer yang terhubung ke jaringan ini maka akan membuat transfer file atau      server menjadi lambat3. Sangat memungkinkan adanya tabrakan data saat transfer file4. Sangat memungkinkan jaringan Lan bisa diretas karena menggunkan 1 jaringan yang sama

MAN (Metropolitan Area Network)

Man atau (Metropolitan Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang dapat memungkinkan dua atau lebih komputer saling terhubung satu sama lain, dimana jaringan ini mencakup area yang lebih luas dibandingkan dengan jaringan Lan. Adapun jangkauan jaringan Man yaitu sekitar 10 hingga 50 km.
Jaringan Man biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya ataupun dari satu kantor ke kantor lainnya, Dimana untuk membuat jaringan tersebut membutuhkan operator untuk menghubungkan antara jaringan area lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah.
Biasanya Sebagian besar perusahaan menyewa atau meminjam sirkuit dari sebuah operator jaringan umum karena untuk menghubungkan jaringan seperti Man, akan membutuhkan biaya yang sangat mahal.

    Kelebihan

1. Transfer data berkecepatan tinggi dibandingkan dengan jaringan Lan2. Jaringan Man mencakup area yang lebih luas dibandingkan jaringan Lan3. Keamanan jaringan Man lebih terjaga dibandingkan dengan jaringan Lan, karena jaringan ini  biasnya diatur langsung oleh Operator jaringan Umum

    Kekurangan 

1. Jaringan Man membutuhkan biaya perawatan dan pembangunan jaringan yang sangat mahal2. Pemeliharaan jaringan atau (Maintence) biasanya memerlukan waktu yang sangat lama3. Adanya kemungkinan jaringan dapat diretas oleh hacker atau adanya ancaman dari luar

WAN (Wide Area Network) 

WAN atau (Wide Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang dapat mencakup area yang sangat luas dengan menggunakan teknologi canggih, biasanya jaringan Wan ini dapat menghubungkan antar wilayah, Kota ataupun Negara.

Baca juga : Sejarah dan Pengertian SQL

Jaringan Wan bekerja dengan cara menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal lainnya di tiap-tiap daerah, sehingga jaringan komputer tersebut dapat saling terhubung satu sama lain di tiap lokasi yang berbeda.

    Kelebihan 

1. Berbagi File atau informasi lainnya lebih cepat2. Jaringan Wan dapat diakses dengan jangkauan area yang lebih luas 3. Mengirim pesan pada jaringan ini sangat cepat4. Setiap orang pada jaringan ini dapat menggunakan data/informasi yang sama 

    Kekurangan 

1. Memerlukan Firewall atau keamaan yang lebih tinggi karena jaringan ini mencakup area yang sangat luas (Universal)2. Adanya kemungkinana jaringan masih bisa dapat diretas oleh hacker atau adanya anaman dari luar3. Biaya perawatan dan operasional yang sangat mahal dan lambat

Written by admin