in

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS


Kalian mungkin sering browsing atau malah hoby browsing, tentu kalo kalian sering browsing pasti sering liat dong HTTP dan HTTPS, tapi tau tidak perbedaannya apa ? walaupun beda satu hutuf tapi beda maknanya , oleh karena ini JutsuCoding akan coba membahasnya kali ini. Yuk Simak

Apa itu HTTP ?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server, yang menjadi client adalah penggunan tentunya yang menggunakan web browser seperti crome, mozilla, dkk. atau yang dapat mengakses, menerima dan menanpilkan konten suatu web.

Pada umunya cara kerjanya komunikasi client – server adalah pertama client melalukan request ke server. lalu server mengirim respon terhadap client. Respon tersebut berisi file HTML yang ditampilkan di browser atau data lain yang di request oleh client. Semua itu diatus oleh suatu protokol yaitu HTTP.

Sedangkan HTTPS ( Hypertext Transfer Protocol Secure ) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Baca juga apa itu vpn

Perbedaan HTTP dan HTTPS 

Baik sekarang kita yang akan membahas inti yang akan dibahas yaitu perbedaan HTTP dan HTTPS.

1. Keamanan data yang dikirim

Perbedaan pertama adalah masalah keamanan, untuk masalah keamanan data yang dikirim HTTPS lebih unggul dibanding dengan HTTP. Pada bagian ini meliputi beberapa aspek yaitu :

    Autentikasi Server, berfungsi pengguna sepernuhnya yakin bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server.Kerahasiaan DataIntegritas Data

2. Port yang digunakan

Selain masalah keamanan HTTP dan HTTPS juga memiliki perbedaan default port yang digunakan, untuk HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTP port 443

3. Kebutuhan SSL

Biasanya protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP, biasanya HTTP untuk website biasa . Sedangkan menggunakan HTTPS kita harus memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layars (SSL) merupakan teknologi keamanan yang memungkinkan melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditranmisikan antara client dan server. SSL dapat mengirim ingormasi penting seperti nomor kartu kredit. HTTPS biasanya untuk website jual beli, dan lain lain.
Itulah pembahasan yang JutsuCoding paparkan semoga bermanfaat .

Written by admin