in

Pengertian javascript

logo javascript

Kali ini saya akan bahas mengenai pengertian javascript . Javascript ini memiliki fungsi untuk membuat website lebih interaktif dengan pengguna . Javascript adalah bahasa pemprograman tingkat tinggi artinya mampu di pahami manusia .Javascript adalah bahasa pemprograman yang bergerak disisi client atau disisi pengguna . Javscript pertama kali dikempangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah live script dan lama kelamaan berubah menjadi javascript .

Javascript sangat permanfaat sekali untuk lebih mempercantik website  . Jadi tidak hanya css saja yang bisa mempercantik website, tetapi javascript juga bisa . Kita bisa membuat sebuah animasi menggunakan javascript . Contoh yang paling pentingnya adalah membuat validasi form menggunakan javascript .

Javascript memiliki banyak sekali kelebihannya, tetapi javascript juga memiliki kekurangan salah satunya adalah client bisa melihat dan menedit script yang ada di javascript denga menggunakan inspect elemen , tidak seperti php yang bergerak disisi server jadi tidak bisa dilihat scriptnya oleh client .

Walau bagaimanapun javascript sangat dibutuhkan sekali di pemprograman website ini . Sekarang gimana sih struktur penulisan javascript .

<script type=”text/javascript”>
   //intruksi
</script>

Untuk menambahkan javascript ke dalam html memiliki 2 cara yaitu dengan menyisipkannya langsung dan yang kedua dengan cara external, yaitu membuat file baru khusus javascript . Jadi kita tinggal memangilnya saja di HTML .

Cara yang pertama di atas adalah cara langsung mengisipkannya di html . Sekarang ada juga cara yang kedua yaitu dengan external .

<script type=”text/javascript” src=”inijavascript.js”>
</script>

jadi cara yang kedua adalah dengan menggunakan atribut src untuk memanggil javascriptnya . Itu dia bahas bahas javascript . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Written by admin