in

Pengertian dan Perbedaan CLI dan GUI Lengkap dengan kelebihan dan kekuranganya

Apakah kalian pernah menggunakan sistem operasi Windows?
Pastinya pernah kan! nah sistem operasi Windows tersebut biasanya menggunakan tampilan berupa grafis dan pointer dalam peng-oprasiannya, tapi bagaimana jika sistem operasi windows tersebut hanya menggunakan sebuah Text dalam peng-oprasianya?
Nah di kesempatan kali ini admin akan sedikit menjelaskan tentang :- apa sih GUI dan CLI itu? – apa perbedaan anatara GUI dan CLI?- serta apa kelebihan dan kekurang menggunakan tampilan GUI & CLI?
Oke langsung saja ke pembahasan!!!

GUI (Graphical User Interface)


Graphical user interface (GUI)

    Pengertian

GUI atau (Graphical User Interface) merupakan bentuk antarmuka pada sistem operasi yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan menu grafis sehingga dapat mempermudah para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi tersebut.

Baca Juga : Daftar Text Editor Terbaik 2019

Menu pada GUI biasanya menggunakan WIMP (Window, Icon, Menu, Pointing device) dimana saat pengguna berinteraksi dengan sistem operasi, sistem tersebut akan menampilkan gambar-gambar grafis, ikon, menu, dan akan menggunakan (pointing device) seperti mouse atau track ball untuk menjalankan proses yang ingin dilakukan oelh pengguna.

    Kelebihan 

1. Tampilan sangat bagus dibandingkan dengan CLI.2. Tampilan atau Design sangat mudah dipahamai UserFriendly.3. Cara pemakaian lebih mudah dibandingkan dengan CLI yang menggunakan Text dalam menjalankan perintah/intruksi.

    Kekurangan

1. Menggunakan Penyimpanan memori yang lebih besar dibandingkan CLI.2. Performa atau kinerja lebih berat.3. harga lisensi untuk GUI lebih mahal.4. Membutuhkan Spesifikasi Hardware bagus.

CLI (Command Line Interface) 


command line interface (CLI)

    Pengertian

CLI atau (Command Line Interface) merupakan bentuk antarmuka yang biasanya dipakai oleh komputer Server yang mana tampilannya hanya berupa sebuah Text dengan tampilan hitam seperti CMD (Command Prompt).

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Jaringan Lan, Man, Wan

CLI biasa menggunakan baris perintah berupa teks untuk dapat menjalankan perintah dan berinteraksi dengan komputer. Selain itu, sistem operasi berbasis CLI ini hanya memakan penyimpanan memori sedikit dibandingkan dengan GUI, Sehingga CLI sangatlah cocok untuk  digunakan oleh komputer server .

    Kelebihan

1. Menggunakan Spesifikasi lebih rendah 2. Performa atau kinerja lebih cepat dan Efisien dibandingkan GUI3. Hanya menggunakan sedikit peyimpanan memori 

    Kekurangan

1. Tampilan kurang menarik dan membosankan2. Setiap menjalankan perintah harus menggunkan baris kode yang perlu anda ingat3. Kurang UserFriendly untuk seorang pemula

Akhir Kata dan Kesimpulan !


Jadi kita dapat simpulkan bahawa Tampilan atau Atarmuka GUI dan CLI memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing… dimana antarmuka GUI sangat cocok digunakan oleh seorang pemula karena menggunkan interface berupa grafis yang sangat mudah dipahami, Sedangakan CLI lebih cocok digunakan oleh komputer server karena kinerja atau performanya lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan GUI.

Written by Bago Cyber