in

Pengertian dan Jenis Tipe data dalam bahasa C++

Jika anda ingin menjadi seorang Programmer! Tentunya anda harus mengetahui perintah atau kode dalam bahasa tersebut kan…Nah, tapi sebenarnya itu saja masih belum cukup untuk menjadi seorang Programmer yang hebat,  Kenapa demikian?
“Karena seorang Programmer yang hebat itu tidak hanya tau perintah atau kode dalam bahasa program tersebut, tetapi dia juga tau apa fungsi dari tiap-tiap Tipe Data tersebut” 

Maka dari itu di kesempatan kali ini Admin akan membahasa tentang Tipe data apa saja yang ada di dalam bahasa C++

Macam-Macam Tipe Data C++


1) Void (Valuelees)

Void atau Valuelees merupakan salah satu tipe data yang tidak bertipe atau kosong. Tipe data Void tidak bisa digunakan dalam Variabel biasa, namun sering digunakan untuk membuat suatu Function. Tipe data Void memiliki besar memori penyimpanan sebesar 1 byte atau 8 bit.
2) Boolean (Bool)
Boolean atau bool merupakan salah satu tipe data yang mempunyai 2 nilai yaitu benar (True) dan salah (False) yang biasanya digunakan dalam menentukan suatu kebenaran/kondisi di dalam sebuah program. Tipe data Boolean memiliki besar memori penyimpanan sebesar 1 byte atau 8 bit. 

Baca Juga : 5 Daftar Text editor terbaik 2019

3) Character (Char)
Character atau Char merupakan salah satu tipe data yang hanya dapat digunakan untuk memasukan data berupa Text (huruf, angka dan simbol) dimana tipe data ini hanya dapat menyimpan karakter tunggal atau hanya satu buah huruf saja. Tipe data Character ini memiliki besar memori penyimpanan sebasar 1 byte atau 8 bit.  
4) String 
Tipe data String merupakan salah satu tipe data yang hampir sama dengan Character yaitu dapat digunakan untuk menyimpan nilai data berupa Text (Huruf, Angka dan Simbol), hanya saja tipe data ini dapat menyimpan data dalam bentuk kata atau Text. Tipe data String memiliki besar memori penyimpanan sebsar 4 byte atau 32 bit.
5) Integer (Int)
Integer atau Int merupakan salah satu tipe data yang hanya dapat digunakan untuk menyimpan data berupa Numerik (Angka) dalam bentuk bilangan bulat, dimana dengan menggunakan tipe data ini kalian dapat melakukan operasi Aritmatika. Tipe data Integer memiliki besar memori penyimpanan sebesar 4 byte atau 32 bit.
6) Floating Point (Float)
Floating Point atau Float merupakan salah satu tipe data yang biasanya digunakan untuk menyimpan data berupa bilangan pecahan atau real. Tipe data Float memiliki besar memori penyimpanan sebesar 4 byte atau 32 bit. 

Baca Juga : Bahasa Pemrograman Terbaru Bosque

7) Double Floating Point (Double)
Double merupakan salah satu tipe data yang hampir sama dengan Float yaitu dapat menyimpan nilai berupa bilangan pecahan atau real, hanya saja tipe data ini memiliki besar penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan Float sebesar 8 byte atau 64 bit.

Akhir Kata dan Kesimpulan!!

Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Tipe data di dalam bahasa C++ sebenarnya hampir sama dengan tipe data di dalam bahasa C ataupun bahasa program lainnya, hanya saja memiliki perbedaan di dalam kode atau perintahnya saja.

Oke, sepertinya cukup sekian dari pembahasan kali ini tentang Tipe Data dalam bahasa C++ dan juga mohon maaf bila ada salah kata atau pengetikan dalam halaman blog saya ini. Terima Kasih…

Written by Bago Cyber