in

PENGERTIAN DAN CONTOH REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Apa itu Software ?

Sebelum kita membahas apa itu rekayasa perangkat lunak alangkah lebih baiknya kita memahami dulu apa itu software. Software merupakan program komputer, prosedur, dokumentasi dan data berkaitan untuk mengoperasikan sistem komputer.   perangkat elektronik seperti komputer dan  handphone tidak dapat berjalan tanpa adanya software.

Jenis – jenis Software

Terdapat beberapa jenis software, antara lain sebagai berikut :

a. Berdasarkan market

Software berdasarkan market dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu :

    Software Generik, perangkat lunak standar yang diproduksi oleh perusahaan pengembang dan dijual di pasar terbuka ke siapapun yang bisa membelinya (Shrink-wrapped)Software Pesanan/Custom/Bespoke, Perangkat lunak yang dikembangkan khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan (Dibuat untuk pelanggan tertentu)

Baca juga 10 Profesi bidang teknologi informasi terbaik

 

b. Berdasarkan domain

Software berdasarkan domaindapat dikategorikan menjadi 7 yaitu :

    System software, kumpulan program yang ditulis untuk layanan program-program lainnya.
    Contoh: Compilers, operating system, drivers, dllApplication software, merupakan program yang didesain untuk meningkatkan kinerja dan membantu pengguna dalam menjalankan tugas-tugasnya (seperti mengedit video, membuat surat dll) baik  single user maupun multiuser.
    Application Sofware memiliki 4 kategori : Business, Graphics and multimedia, Home/Personal/Educational, dan CommunicationEngineering/scientific software,merupakan perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan.
    Contoh : Computer Aided Design (CAD), system stimulation dan lainnya.Embedded software, merupakan perangkat lunak yang tertanam di dalam read-only memory dan digunakan untuk mengendalikan produk dan sistem.
    Contoh : Elevator, Air Conditioner, keypad control untuk microwave ovenProduct line software, merupakan software dirancang untuk menyediakan kemampuan khusus untuk digunakan oleh pelanggan yang berbeda-beda dan berkonsentrasi pada pasar tertentu.
    Contohn : Word processing, spreadsheet, CG, multimedia, dll.Web applications, dikembangkan di dalam lingkungan komputasi yang tidak hanya menyediakan fitur standalone dan fungsi-fungsi, tetapi juga dapat diintegrasikan dengan database korporat dan aplikasi bisnis.
    Contoh : Resource Sharing dan Komunikasi dan informasiArtificial intelligence software, merupakan suatu algoritma non-numerik yang digunakan untuk memecahkan permasalahan rumit yang tidak bisa diselesaikan dengan komputasi atau analisis permasalahan secara langsung.
    Contoh : Robotics dan expert system

Lisensi Software

Terdapat 2 jenis lisensi dalam software yaitu open source dan closed source

    Open source, merupakan software yang source codenya terbuka dan didistribusikan dalam suatu format lisensi yang memungkinkan pihak lain secara bebas memperbanyak dan memodifikasi source code didalamnya. lebih jelas anda dapat membaca pengertian open source.Closed Source, software yang source codenya tertutup dan didistribusikan dengan suatu format lisensi yang membatasi pihak lain untuk menggunakan, memperbanyak dan memodifikasi.lebih jelas anda dapat membaca pengertian closed source.

Baca juga Apa itu Softwicth ?

pengertian rekayasa perangkat lunak menurut para ahli

Setelah memahami lebih dalam apa itu software atau perangkat lunak, berikut adalah pengertian rekayasa perangkat lunak 

Menurut Sommerville, rekayasa perangkat lunak adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi, desain, konstruksi, testing sampai pemeliharaan setelah digunakan.

Menurut Stephen R.Schach, rekayasa perangkat lunak adalah suatu disiplin dimana dalam memperoleh perangkat lunak bebas dari kesalahan dan dalam pengiriman anggaran tepat waktu serta memuaskan keinginan pemakai.

Menurut Pressman, Rekayasa perangkat lunak adalah pembuatan dan penggunaan prinsip-prinsip keahlian teknik untuk mendapatkan perangkat lunak yang ekonomis yang handal dan bekerja secara efisien pada mesin yang sesungguhnya.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak 

Rekayasa perangkat lunak ditargetkan unutk :

    Bagaimana kita dapat mengembangkan perangkat lunak dalam waktu singkat, biaya terendah dan dengan kualitas terbaik?Bagaimana kita dapat menguji perangkat lunak dalam waktu singkat, biaya terendah dan dengan kualitas tertinggi?Jika kita memiliki tim programmer yang besar, bagaimana kita dapat menugaskan orang-orang terbaik untuk tugas pengembangan dan pengujian?Bagaimana kita dapat memastikan bahwa kita telah menanyakan persyaratan perangkat lunak dari klien dengan cara yang paling efisien dan efektif?

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu rekayasa perangkat lunak. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Written by Bago Cyber