in

Pengertian CSS

CSS


Oke kali ini kita akan membahas mengenai desain web , desain merupakan tahap yang paling penting karena jika kita memiliki sebuah website tidak memiliki desain yang bagus maka orang orang akan bosan lihat website kita , tetapi kalo websitenya terlalu rame bahkan sebuah pakai animasi jadinya mata orang akan cepat lelah . Oke karena itu desain ini penting jangan terlalu simple dan jangan juga terlalu rame .

Baik jadi fungsi CSS adalah untuk mendesain sebuah website . Menurut wikipedia CSS ( Cascading Style Sheet ) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan terstruktur dan seragam .  CSS ini bukan merupakan sebuah bahasa pemprograman . Bisa di bilang CSS ini adalah lanjutan dari HTML karena CSS fungsinya untuk mendesain HTML menjadi lebih menarik lagi  .
Versi CSS saat ini telah mencapai pada CSS3 , di dalah css3 ini kita bisa membuat sebuah animasi 2d hingga 3d . Seperti pernah saya bilang bahwa css bukan merupakan sebuah bahasa pemprograman jadi tentu untuk membuat sebuah animasi itu mudah di css3 . versi sebelum css3 yaitu css2 dan css1 masih desainnya sederhana tetapi pada css3 ini kita bisa mendesain dengan sangat baik , contohnya membuat website itu responsive atau biasa di dukung oleh semua browser .  
Di dalam CSS ini terdapat 3 metode penulisan , yaitu embedded style sheet ,inline style sheet , dan yang terakhir adalah external style sheet .  Menggunakan CSS ini banyak manfaatnya , berikut ini dia manfaatnya  :

    Yang pertama tentu website menjadi lebih menarik Kode HTML menjadi lebih sederhana Ukuran file menjadi lebih kecil sehingga loadnya lebih cepatMengubah tampilan lebih mudah karena cukup mengubah cssnya sajaDapat berkolaborasi dengan javascriptDapat digunakan dihampir semua web

Struktur CSS 
selecktor { property:value; } 
maksudnya selector adalah nama panggilnya , nama panggil ini bisa merubah tag html seperti misal <p> atau menggunakan id atau class . property adalah perintahnya value adalah nilainya atau keinginan dari perintah 
Contoh penulisan
menggunakan id di awali dengan menulis hastag ( # ) lalu nama panggilnya
#tulisan{    font-size:20;}
menggunakan class di awali dengan menulis titik ( . ) lalu nama panggilnya 
.tulisan{    font-size:200;}
Untuk yang mengguakan tag html maka tulis langgung tag htmlnya 
p{   font-size:15;}
Cara kerja CSS :
Deklarasi style : menulis style (selector , id , class) maka secara otomatis style tersebut akan bekerja pada HTMLSetelah mengatur maka selektor di tempatkan pada tag HTML .Oke itu dia bahas bahas mengenai CSS . Semoga menambah wawasan dan juga bermanfaat . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini  . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik lagi .

Written by Bago Cyber