in

Operasi direktori di php

logo php

Kali ini saya akan bahas mengenai operasi direktori di php . Atau kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara meoperasikan folder . Bagaimana melihat folder ? Membuat folder ? Menghapus folder ? melihat isi folder ? dan lain lain menggunakan php . Sebelum mengoperasikan direktori, apa sih direktori itu ? direktori itu adalah beberapa atau kumpulan file file yang dikumpulkan di satu tempat . Jadi direktori kita lebih mengenainya yaitu folder .

Baca juga operasi file dengan php

Baik tadi bahas mengenai pengertian direktori , karena sekarang kita sudah tau apa itu direktori sekarang kita akan memulai bagaimana cara mengoperasikan direktori di php . Sekarang pertanyaan pertama adalah bagaimana kita membuat direktori .  Untuk membuat direktori kita menggunakan fungsi yang telah disediakan oleh php sendiri yaitu mkdir(nama_dir) . Kita coba praktekan .

operasidir.php

<?php
mkdir(“kumpulanfile”);
if(is_dir(“kumpulanfile”)){
echo “direktorinya ada”;
}else{
echo “direktorinya tidak ada”;
}
?>

baik kita telah membuat mkdir . Ngomong ngomong untuk yang baigan is_dir(“kumpulanfile”) itu adalah mengecek apa kumpulanfile itu adalah dir , jika di maka akan menghasilkan nilai true dan menampilkan direktorinya ada . Baik sekarang kita telah selesai cara membuat direkori ( mkdir() ) dan cara mengecek ( is_dir ) .

Sekarang persoalanya adalah bagaimana kita membuat file di dalam direktori . Sebelumnya untuk membuat file kita menggunakan fungsi yang telah di sediakan oleh php yaitu fungsi touch(nama_file); Kita coba buat .

<?php
$dir=”kumpulanfile”;
for($i=0;$i<=10;$i++){
 touch($dir.”/isifile”.$i.”.php”);
}
?>

Nah sekarang kita telah membuta file di dalam direktori yang telah kita buat . Persoalan kedua sekarang adalah bagaimana cara menampilkan file file yang ada di direktori yang telah kita buat . Sama seperti artikel sebelum sebelumnya yaitu mengenai operasi file denga php . Bahwa untuk menoperasikan file perlu membuka terlebih dahulu lalu dapat membacanya dan setelah selesai maka harus di tutup .

Sama direktori juga . Harus dibuka terlebih dahulu lalu bisa membacanya dan stelah membaca kita harus menutupnya . Diibarakan sebuah lemari buku yang mana disana terdapat kumpulan buku yang mana harus mebuka dulu atau mencari dulu lemari lemarinnya baru bisa mengabil buku buku . setelah itu lemarinya harus di rampihkan lagi .

<?php
$dir=”kumpulanfile”;
if(is_dir($dir)){
 if($buka_dir=opendir($dir)){
  while($baca_dir=readdir($buka_dir)){
   if($baca_dir!==’.’&&$baca_dir!==’..’){
   echo $baca_dir.”<br>”;
   }
  }
  closedir($buka_dir);
 }
}else{
 echo “bukan dir”;
}
?>

Baik saya akan coba jelaskan untuk mengecek dir sudah saya jelakan ya . if(is_dir($dir)){ untuk mengecek direktori jika ada dan tidak ada . if($buka_dir=opendir($dir)){ jika dir maka membuka direktori . while($baca_dir=readdir($buka_dir)){ membaca semua file yang ada di direktori . if($baca_dir!==’.’&&$baca_dir!==’..’){ karena kalo di file kita suka melihat ada . (titik) dan .. (titik titik ) maka saya hilangkan jika buka . (titik) dan .. (titik titik) maka tampilkan nama file . setelah semua file di baca maka menutup file dengan menggunakan closedir($buka_dir); . 
Hasil akhirnya seperti ini
Membaca file yang ada di direktori
Baik jadi intinya seperti hanya operasi file sama, hanya perbedaannya adalah direktori . Saya akhiri saja semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Written by admin