in

Metode pengiriman data di php

Selamat datang kawan kali ini saya akan membahas mengenai metode pengiriman data di php . Jadi kita akan mempelajari pengiriman data menggunakan metode yang ada di php . Metode yang ada di php ini ada 2 yaitu metode post dan metode get . Kedua duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing . Jadi kita juga harus tau kapan kita menggunakan post dan kapan kita menggunakan get .

Metode POST

Baik sekarang yang pertama saya akan bahas adalah mengirim data menggunakan metode post . Baik saya akan membuat contohnya saja . Kali ini sebagai contoh kita membuat form menggunakan html untuk inputan nama dan php untuk menampilkan nama ketika di submit .

<?php
if(isset($_POST[‘inputnama’])){
echo $_POST[‘nama’];
}
?>
<form method=”POST”>
nama : <input type=”text”name=”nama”>
<input type=”submit”name=”inputnama”>
</form>


Baik saya akan bahas, jadi kalo kita menggunakan metode post maka variblenya adalah $_POST[‘namainput’] . Baik sekarang ketika kita mengetikan input lalu menklik submit maka akan mengirim data lalu mengecek isi variable menggunakan fungsi isset() dan jika ada maka akan tampil namanya .

Metode GET

Oke sekarang kita akan menggunakan metode get . Masih contoh yang sama hanya saja yang POST ganti sama GET .

<?php
if(isset($_GET[‘inputnama’])){
echo $_GET[‘nama’];
}
?>
<form method=”GET”>
nama : <input type=”text”name=”nama”>
<input type=”submit”name=”inputnama”>
</form>


Kita lihat gak jauh beda sama post hanya saja kalo get ini pengirimannya tampildi url saja sama user bisa di rubah rubah , metode get ini tidak cocok untuk inputan seperti contoh password .

Jadi itu dia mengenai metode pengiriman data di php .Semoga bermanfaat .

Written by Bago Cyber