in

menghilangkan spasi di php

Logo PHP

Selamat datang di blog saya , semoga kawan kawan sehat selalu . Kali ini  saya akan berbagi mengenai php , karena sudah lama saya gak posting artikel php . Kali ini saya akan berbagi mengenai cara menghilangkan spasi di php . Memang apa sih untungnya menghilangkan spaci ? menghilangkan spasi bisanya digunakan untuk password , kawan kawan gak maukan kalo user membuat akun dengan spasi semua (    ) selain untuk password berguna juga untuk validasi .

Kalo di javascript kita menghilangkan spasi dengan menggunakan fungsi trim() , kalo di php juga sama untuk menghilangkan spasic dengan menggunakan fungsi trim() .  Oke kawan kawan sudah tau nama fungsinya sekerang kita akan coba menggunakanya .

tetapi sebelumnya fungsi trim ini hanya menghilangkan spasi di bagian awal dan akhir kali kalimat saja .

Tanpa  mengunakan trim();

<?php
$kata =” ini adalah kata tanpa spasi                   “;
//$z=trim($kata);
echo $kata;
?>

Dengan menggunakan perintah TRIM
Dengan mengunakan trim();

<?php
$kata =” ini adalah kata tanpa spasi                   “;
$z=trim($kata);
echo $z;
?>

mengunakan str_replace()
Kita bisa juga mengunakan str_replace() untuk menghilangkan spasi .

<?php
$kata =”ini adalah kata tanpa spasi”;
$z=str_replace(” “,””,$kata);
echo $z;
?>

mengunakan str_replace()
fungsi str_replace(” “,””,$kata); yang tepat untuk menghilangkan spasi di php , karena str_replace() penulisannya str_replace(“yang mau diganti”, “diubah dengan apa “,”kata “)  . Sebenarnya str_replace() ini digunakan untuk menganti kata . dan disana karakter spasi di ubah dengan kosong , makannya spasinya gak ada .

Oke mungkin itu dia cara menghilangkan spasi di php . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini .Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Written by Bago Cyber