in

Membuat fungsi pada php

Selamat datang kawan kali ini saya akan bahas mengenai cara membuat fungsi pada php . Jadi sekarang kita akan lebih memahami cara membuat fungsi dan cara mengunakan fungsi yang telah kita buat . Sebelumnya fungsi merupakan kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu . Fungsi itu bermanfaat kalo misal kita memiliki sebuah tugas yang sama kita hanya tinggal pangil fungsinya saja . Kerena fungsi ini perlu di panggil jadi fungsi ini tidak berjalan otomatis .

Baca juga fungsi fungsi untuk memanipulasi string

Baik sekarang kita akan membuat fungsi . Sebelumnya ini dia cara penulisan fungsi di php , gak jauh beda sama yang lainnya .

<?php
function nama_fungsi($parameter1,$parameter2,$parameterN){
perintah;
}
?>

nama_fungsi : nama untuk memanggil fungsi
$parameter : parameter fungsinya untuk mengoper nilai . bro bisa gak kalo gak pake parameter ? bisa .

Baik sekarang kita contoh pembuatan fungsi php

<?Php
function nama(){
echo “naruto”;
}
?>

Jika kita lihat hasilnya maka bisa kita tebak tidak akan tampil apa apa, karena fungsi tidak berjalan otomatis perlu kita panggil . Memanggilnya gimana ? mudah kita tinggal nama_fungsi($paramater1,$parameter2,$parameterN) kalo ada paramater , kalo tidak ada cukup nama_fungsi() . Baik sekarang kita perbaiki

<?Php
function nama(){
echo “naruto”;
}
nama();
?>

Baik sekarang kita akan gunakan parameter . Kita akan membuat fungsi penjumlahan , berarti kita menggunakan lebih dari satu parameter .

<?Php
function penjumlahan($a,$b){
echo $a+$b;
}
penjumlahan(7,9);
?>

maka akan tampil 16 . karena ketika kita panggil fungsinya yaitu penjumlahan(7,9) berarti $a=7 dan $b=9 . lalu penampilkan penjumlahan variable a dan variable b .

Jadi itu dia cara pembuatan fungsi .Terimakasih telah berkenan membacara artikel ini . Semoga bermanfaat .

Written by admin