in

Membuat dan mengakses objek pada php

logo php


Kali ini yang saya akan bahas adalah membuat dan mengakses objek pada php . Sebelum kita membuat dan mengakses objek, pertanyaan pertamanya adalah apa sih objek ? objek singkatnya adalah hasil dari class . Misalnya kita memiliki class robot, maka objeknya adalah robot_udin , robot_unyil, dan lain lain . Ngomong ngomong apa sih class ? Class adalah blueprint dari objek . class biasanya digunakan untuk membuat kerangka dasar .

Baik sekarang setelah membahas pengertian dari objek dan class , kali ini kita akan membuat dan mengakses objek . Seperti tadi saya bilang bahwa objek adalah hasil dari class, berarti sebelum membuat objeknya kita harus membyat dulu class . Ini dia struktur penulisannya .

<?php
class hewan{
  //isi dari class hewan
}
?>

Baik sekarang kita ambil contoh class hewan, di sana ada komentar isi dari class hewan . Isinya bisa nama hewan, pemakan apa ? , umur hewan, jenis kelamin, dan kawan kawan . Nah yang tadi itu di sebutnya adalah property .

Sekarang kita akan membuat objek dan mengaksesnya . Kita ambil contoh saja dari class hewan .

<?php
//membuat kelas
class hewan{
//property
var $nama;
var $jenis_kelamin;
var $umur;
var $pemakan;
}
//membuat objek
$Hewan = new hewan;
//mengset property
$Hewan->nama=”Kucing”;
$Hewan->jenis_kelamin=”perempuan”;
$Hewan->umur=3;
$Hewan->pemakan=”Karnivora”;
//memangil property dari objek
echo “nama    : $Hewan->nama <br>”;
echo “JK      : $Hewan->jenis_kelamin <br>”;
echo “Umur    : $Hewan->umur<br>”;
echo “Pemakan : $Hewan->pemakan<br>”;
?>

membuat objek di php

Untuk membuat sebelum objek dengan menggunakan

$Hewan = new hewan;

Untuk mengakses property yang ada di dalam objek kita menggunakan

$Hewan->nama

Untuk membuat variable di dalam class kita harus menggunakan dulu var dan $ lalu diikuti dengan nama variablenya . Mungkin untuk sekarang terlihat libet karena scriptnya banyak yang tampil hanya beberapa, Tetapi sebenarnya lebih mudah dan cepat . Misal kita ingin memasukan hewan tersebut kedalam database , kita tinggal gunakan saja objeknya .

Mungkin untuk sekarang agak sedikit bingung , memang kita bisanya belajar OOP itu . Tetapi seiring berjalannya waktu kalian akan dasar bahwa , oh ini yang di maksud objek . Baik semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Written by admin