in

looping pada PHP

Perulangan PHP

Selamat datang , kali ini saya akan berbagi mengenai perulangan pada php . Perulangan dalam algoritma merupakan struktur dasarnya . Perulangan ini fungsinya untuk mengulang ngulang jika ada peritah yang sama . Misal kita di hukum oleh guru untuk menulis “SAYA TIDAK MENGERJAKAN PR ” sebanyak 100X .

Di dalam php perulangan atau looping terdapat banyak pengunanya ada 4 , yaitu : while , do while , for , foreach (khusus untuk array) . Banyak ya , memang sih banyak tetapi fungsinya tentu sama semua yaitu untuk mengulang instruksi yang sama . Mungkin hanya fungsinya saja yang sama tetapi yang lainnya agak beda seperti contohnya struktur penulisannya , dan masih ada perbedaan lainnya .

Perulangan php menggunakan while 

Baik yang pertama saya akan bahas adalah perulangan while , jadi struktur penulisannya seperti ini

while(kondisi){
  perintah;
}

Sebagai contoh saya buat saja contoh yang mudah di mengerti ( baca amin ) , misal kita ingin menulis kata “Semangat” sebanyak 100 kali .

<?php
$n=1;
while($n<=100){
echo “<br>$n.Semangat<br>”;
$n++;
}
?>

Jadi untuk menulis kata “Semangat” kita membutuhkan kondisi true sebanyak 100 kali oleh karena itu kita membandingkan $n<=100 dan akhir peritahnya kita menambahkan variable $n ini sampai lebih besar dari seratus maka perulangan berhenti karena kondisinya jadi false .

Perulangan php mengunakan for

Sekarang kita akan coba menggunakan for loop . Struktur penulisannya adalah 
for(inisialisai;kondisi;StepEkspression){ perintah;}
for loop ini merupakan yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan while karena for loop ini StepEkspression nya bisa di bilang sudah satu paket lah di dalam satu baris , sementara untuk while harus di bagian peritah , karena manusia ini banyak lupa sering kali kita lupa menulis StepEkspressionnya . Apa yang terjadi bro kalo gak ada perubahan nilai pada variable , misal yang contoh pertama yaitu $n++ ? kalo gak ada itu maka perulangan akan terus menerus berlanjut dan tidak akan pernah berhenti .
Baik kita lanjut saja ke contoh yang for loop , sebagai contoh saya samakan saja sama contoh yang pertama yaitu menulis kata “Semagat” sebanyak 100 kali .
<?php for($n=1;$n<=100;$n++){ echo “<br>$n.Semangat<br>”;}?>
Lihat sama sajakan hanya terlihat lebih mudah dari while . For sebenarnya strukturnya bisa sama dengan while kita coba 
<?php$n=1; for($n<=100;){ echo “<br>$n.Semangat<br>”; $n++}?>
maka hasilnya akan sama saja .

Perulangan php menggunakan do while

Baik sekarang kita lanjut ke perulangan do while . Struktur penulisanya adalah 
do{ perintah;}while(kondisi);
Sekarang kita contohnya , kita buat sama saja dari contoh sebelumnya  .
<?php$n=1;do{ echo “<br>$n.Semangat<br>”; $n++;}while($n<=100);?>
Do while ini berbeda dengan perulangan perulangan yang lainnya , perbedaannya itu adalah kita melakukan dulu perintah lalu mengecek kondisi .agak kurang paham bro ?  Baik hanya akan kasih contoh perbedaannya  . Kita buat kondisinya jadi lebih besar atau sama dengan untuk perulangan while dan do while
while
<?php
$n=1;
while($n>=100){
echo “<br>$n.Semangat<br>”;
$n++;
}
?>
do while
<?php$n=1;do{ echo “<br>$n.Semangat<br>”; $n++;}while($n>=100);?>
Untuk while maka hasilnya akan kosong , sementara yang do while menampilkan “1.Semangat”  . Jadi itu maksudnya melakukan dulu perintah lalu mengecek kondisi .

perulangan php menggunakan foreach

foreach ini perulanga khusus untuk array saja .Cara menggunakan foreach atau stukturnya yaitu 
foreach(ekpresi_array as $nilai){ perintah;}
contoh pengunaan
<?php$iniarray=[‘kakashi’,’guru gai’,’petapa genit’,’guru iruka’];foreach($iniarray as $nama){ echo “$nama<br>”;}?>
Baca juga mengenal array pada php

Baik itu dia . Ada satu lagi yang menurut saya penting yaitu kita bisa nested loop , jadi nested loop ini di dalam perulangan ada lagi perulangan .
<?php for($a=0;$a<=10;$a++){ for($b=0;$b<=10;$b++){ echo “$b  “; } echo “<br>”;}?>
Oke mungkin itu dia semoga bermanfaat dan juga menambah pengetahuan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik lagi .

Written by Bago Cyber