in

instal xampp dan cara menggunakan

Selamat datang kawan kawan di blog saya kali ini saya akan memberikan tutorial kepada kawan kawan nih , kali ini berhubungan dengan cara instal xampp dan cara menggunakannya . Kalo kawan kawan belum download xampp , bisa download disini ( versi terbaru ) .

Untuk cara instalnya tinggal next next saja sampai pinis , sangat mudah sekali ya . Oke kawan kawan sudah terinstal xampp , kita tinggal buka saja xampp-control . buka di c:/xampp/ . Lalu kita jalankan apache dan mysql . Untuk pembelajaran dasar sih kalo pake menjalankan apache doang juga bisa , jadi matikan saja mysqlnya , maka akan tetap bisa jalan kok .

jalankan apache saja juga bisa
Oke jika kawan kawan sudah menjalankan xampp ,kita buka text editor , kalo saya mengunakan text editor notepad++ , kalo kawan kawan mau download , bisa download disini ( versi terbaru ) . Oke baik kita jalankan text editornya dan kita ketik .

<?php
echo “INI HALAMAN PERTAMA PHP KU “;
?>

Jika sudah simpan di c:/xampp/htdocs/ disana kita buat saja folder baru yang namanya “latihan” dan kita kasih nama file php dengan nama “halamanawal.php” .


Oke jika sudah kita buka browser kita dan ketik di bagian url “localhost/latihan/halamanawal.php” . Maka akan tampil  .

Baik saya akan coba bahas dari awal .

Untuk struktur PHP itu kita menggunakan

<?php ?> atau bisa juga <? ?> . tapi yang paling umum digunakan adalah <?php ?> .

Untuk menampilkan text di php itu kita gunakan “echo” . “Echo” itu hanya salah satunya saja masih banyak untuk menampilkan text di php itu , kita juga bisa gunakan “print” atau print_r kalo print_r untuk menampilkan array .

untuk menyimpan file php kita simpan di ” c:/xampp/htdocs/ ” . Untuk menjalankan dan mengetahui hasilnya kita jalankan apche dan buka di browser .

Jadi itu di cara untuk instal xampp dan cara menggunakannya . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Semoga bermanfaat , sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Written by Bago Cyber