in

Inilah penjelasan tentang kabel UTP dan kabel STP (terlengkap)

Gambar kabel UTP dan STP

pengertian kabel UTP

Kabel UTP adalah yang populer terdiri dari 4 pasang kabel yang saling melilit dengan kode warna khusus yang standard dan di solisi dengan plastic . Tingakatan dari kabel UTO ini diindikasikan oleh banyaknya lilitan atau puntiran perinci tingkat rendahnya attenuasi kurangnya tingkat .
UTP singkatan dari Unshielded Twisted Pair. UTP adalah kabel yang  sebagai media transmisi dalam jaringan Local Area Network atau LAN. Kabel UTP termasuk kabel yang tidak memiliki pelindung dan memiliki rangkaian kabel yang saling terpilin satu dengan lain.  

Baca juga Perbedaan internet dan intranet

2 macam standard kabel UTP

Berikut adalah macam – macam standard kabel UTPT568-A , kabel lan UTP jenis Straight through ,kedua ujung penempatan kabel pada pin-2 konektor RJ-45 adalah samaT568-B , Kabel lan UTP jenis cross-over pasangna pin 2 dan 5 dan pasangan pin 1 dan 3 bertukar tempat.

Kategori – kategori kabel UTP

Kabel UTP Memiliki beberapa kategory di antaranya :
Kabel UTP cat 1, dipakai untuk jaringan telepon.Kabel UTP cat 2, Kecepatan maksimum 4Mbps , aslinya dimaksudkan untuk mendukung token ring lewat UTP.Kabel UTP cat 3, Kecepatan maksimum 10Mbps , Kabel cat ini bisa dipakai untuk jaringan telpon dan merupakan pilihan kabel lan utp masa silam .Kabel UTP cat 4, Kecepatan Maksimum 16Mbps , umumnya di pakai jaringan versi cepat token Ring.Kabel UTP cat 5, Kecepatan maksimum 1Gbps , sangat populer untuk kabel lan desktop.Kabel UTP cat 5e, Kabel UTP berdasarkan kategori 5 memiliki fungsi sebagai kabel media transmisi LAN. Jika tidak pakai kabel UTP, jaringan LAN pada komputer tidak mampu terhubung dengan optimal. Dengan kabel UTP komputer lebih mudah menyalurkan data.Kabel UTP cat 6, Kecepatan maksimum 1 gbps + , dimaksud sebagai penganti cat 5e dengan kemampuan mendukung kecepatan 2 multigigabit.Kabel UTP cat 7, Kabel UTP berdasarkan kategori 7 (beberapa produsen menyebut Cat.6e) memiliki fungsi sebagai kabel yang mampu melakukan transfer tercepat. Jelas karena kabel UTP kategori 7 memiliki kecepatan transfer sebesar 1.000 Mbps dan memiliki frekuensi sebesar 400 MHz.

Baca juga Apa itu VPN? 

Dalam sebuah perusahaan yang memang memerlukan keberadaan komputer dalam jumlah banyak, kabel UTP sangat berguna. Kabel UTP digunakan sebagai kabel penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lain memang terbilang efisien. Ketika sebuah perusahaan memerlukan data dari beberapa komputer, maka kabel UTP akan mempermudah  pekerjaan melalui hubungan media transmisi LAN. Beberapa perusahaan bisanya lebih memilih menggunakan kabel UTP karena fungsinya yang efektif dan efisien sebagai penyalur dan penerima data, terlebih kabel UTP dibandrol dengan biaya yang ekonomis sehingga lebih dipilih untuk kabel penghubung LAN.
Ada tujuh kategori yang dimiliki oleh kabel UTP. Setiap kategori telah dijelaskan memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaan tersebut berdasarkan dari kecepatan transfer. Kecepatan transfer yang berbeda dalam melakukan transmisi data. Untuk kategori kabel UTP satu (Cat.1) adalah sebagai kategori yang memiliki kecepatan transfer terendah. Semakin tinggi kategorinya, maka kecepatan transfer akan semakin bertambah cepat.

Baca juga Manfaat airplane mode pada android

Pengetian kabel STP

Kabel shield twisted pair atau di singkat STP . Kabel STP yaitu jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi . Dari nama-nya saja udah ada kata shield ya tentunya ada pelindungnya atau pembukungkusnya . kabel STP juga digunakan untuk jaringan data .
Kelebihan kabel STP adalah mempunyai shield atau pelindungnya. Sehingga kalo kita membuat jaringan di dalam ruangan kita gunakan UTP sementara jika membuat jaringan di luar ruangan kita gunakan STP. Tentu teman – teman tau alasanya.

Baca juga Cara membuat hotspot di windows 7 dengan CMD

Kekurangan dari kabel STP adalah Keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbuly , dan juga kabel STP ini harganya mahal.
Fungsi Kabel STP adalah sebagai media tranmisi digunakan pada beberapa peralatan elektonik menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data .seperti telepon , komputer , televisi dan radio .

Written by Bago Cyber