in

CONTOH ERD SISTEM INFORMASI TOKO BUKU

Kali ini saya akan sharing tentang ER-Diagram ( Entity Relation Diagram ).  Kali ini saya akan share contoh dari erd dari sitem informasi toko buku. Tetapi sebelum membuat ERD kita perlu memahami dulu toko buku tersebut seperti apa langkah kerjanya dan apa saja masalah yang ingin diselesaikan dengan membangun sistem informasi ini ? Untuk itu mari kita simak contoh langkah sistem toko buku yang masih manual. 

1. Penjelasan sistem Toko Buku

Toko X adalah sebuah toko buku dimana gudang untuk menyimpan barang-barangnya lebih dari satu. Data yang dicatatnya adalah supplier yang memasok barang, barang atau produk yang ada dalam toko, nota pembelian yang didapat dari proses transaksi,dan  stok yang ada pada masing-masing gudang. Permasalah yang muncul adalah sulitnya untuk mengecek stok barang pada masing-masing gudang karena jarak sehingga mengakibatkan proses penyimpanan menjadi terhambat.

Baca juga apa itu oracle ?

2. ERD Sistem Toko buku

 Setelah kita memahami langkah kerja dan masalah yang ingin diselesaikan maka kita dapat membuat ERD yang baik dan benar. Berikut contoh ERD yang saya pahami dari sistem toko buku tersebut

CONTOH ERD SISTEM INFORMASI TOKO BUKU

Entitas yang terdapat didalam ERD tersebut dalah gudang, buku, transaksi, pembeli, toko_buku, pegawai, supplier ( supplier tetap, supplier tidak tetap). 

mengapa transaksi merupakan entitas ? itukan simbolnya relasi sob ? karena bisa dilihat relasi buku dan pembeli yaitu many to many, maka dari itu kita bisa membuat entitas dari relasinya, yang didalamnya ada atribut nota, kode_buku, nama_pembeli, id_pegawai, dan tanggal.

Baca juga apa itu entitas dan atribut ?

3. Implementasi dalam basis data sistem informasi toko buku

Implementasi dalam basis data sistem informasi toko buku

 Itulah contoh mengenai sistem informasi toko buku. Semoga bisa menjadi refensi untuk sobat dalam membuat ERD sistem informasi toko buku. Sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Written by admin