in

Coding lebih mudah dengan Sublime Text + Package Control (Web Developer CI)

Sublime Text, adalah salah satu dai sekian banyak text editor yang tercipta didunia ini. Mengapa sublime text begitu spesial? Entahlah, saking terlalu banyak fitur dan benefit di software Sublime Text.

Daftar tutorial:

    Basa basiMenginstall Sublime Text + Package ControlTrik Sublime TextMenginstall dan memahami snippet CodeIgniterMenginstall Snippet Twitter BootstrapMenginstall Snippet jQuery

Basa Basi

Seperti yang anda ketahui, suatu aplikasi dapat tercipta karena suatu file-file pendukung didalamnya. Melangkah lebih dalam lagi, file-file tersebut berisi perintah / kode yang di jalankan oleh komputer. Siapa yang mengetikkan kode tersebut? jawabannya adalah Programmer, programmer membuat konsep untuk memecahkan masalah tertentu, mengetikkan kode berupa bahasa pemrograman, sampai tercipta sebuah aplikasi. Aktifitas programmer yang terkenal adalah Coding yaitu mengetikkan bahasa pemrograman yang dapat dimengerti oleh komputer.

Pada artikel kali ini, kita membahas tentang Coding dalam pembuatan Aplikasi Web. Biasanya seorang Web Developer (bukan yang laba-laba itu) menggunakan bahasa HTML,  CSS untuk UI/UX dan PHP, MySQL untuk logic web dinamis. Ada juga JavaScript sebagai pendukung keduanya.

Perlu diketahui juga, bahwa Coding itu rumit, anda harus telaten, paham, dan mampu berfikir kritis. Misal, suatu aplikasi CodeIgniter mengelola 10 Tabel dari database, yang berarti membutuhkan 10 atau lebih File model, disetiap model tersebut kita harus mendefinisikan method untuk select, update, insert, delete, dan lain lain. Bayangkan saja, berapa banyak baris yang harus diketikkan, bagaimana rumitnya jika error terjadi karena ada kemungkinan besar seorang programmer salah mengetikkan kode (Typo). Nah, tapi itu dulu.

Sekarang dunia coding lebih canggih lagi, dengan adanya software semacam Sublime ini, kita cukup mengetikkan cimodel, langsung muncul auto complete yang menebak apa yang anda lakukan selanjutnya, tinggal klik enter, model beserta CRUD nya akan muncul secara otomatis, bahkan kita juga bisa membuat format penulisan sendiri dan memberikan Shorthand, yang dinamakan dengan Snippet


Menginstall Sublime Text 3 + Package Control

    Download dulu sublime text terbaru dengan mengklik link dibawah

Sublime Text, (~8,71 MB)

    Buka situs https://packagecontrol.io/installation, akan muncul bagian kode kode yang tidak beraturan

    Copy sintaks tersebut, kemudian buka sublime textKemudian, pada sublime text tekan (CTRL + ` ) maka akan muncul semacam console sublime textPaste kode sintaks tadi pada kotak console sublime text, kemudian tekan enter

    Tekan (CTRL + SHIFT + P ), ketikkan install,Maka akan muncul Package Control: Install Package, tekan enter

    Maka akan muncul Plug in / Package yang tersedia untuk sublime text anda.

Trik Sublime Text

    Global




Menginstall dan memahami Snippet CodeIgniter

    Instalasi

      pada Install Package tadi, ketikkan CodeIgniter, pilih CodeIgniter Snippets

       Klik enter untuk mengistall. Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti dibawah



    Cara Menggunakan
      Membuat model, controller

    Query Builder untuk Database

    Load model, libary, view, helper dll.

    Menggunakan Helper class, dengan mudah

    Masih banyak lagi

Memasang Snippet Twitter Bootstrap

    Buka Package Control dengan cara Tekan CTRL+SHIFT+P ketikkan “Install Package”

      Ketikkan Bootstrap

      Pilih berdasarkan versi bootstrap yang anda gunakan, tekan enter
    Cara Menggunakan

Memasang Snippet Jquery\

    Pemasangan

      Buka Package Control, Pilih jQuery

    Cara Menggunakan


Seperti yang kita tahu, Bantuan oleh software sangatlah membantu. Membuat seorang programmer dapat mengerjakan suatu project dengan mudah, cepat dan efisien. 

Written by admin