in

Cara memasang jquery di Codeigniter

Cara memasang jquery di Codeigniter

jQuery adalah sebuah library JavaScript yang diperuntukan untuk memudahkan dari segi pembuatan aplikasi. jQuery ini berisi kumpulan fungsi-fungsi JavaScript yang siap pakai.Sehingga memudahkan kita dalam penulisan kode JavaScript. jQuery ini gratis dan bersifat open source.. lebih lengkap tentang jquery.

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan bagiamana cara memasang jQuery di Codeigniter. Terdapat 2 cara untuk memasang jQuery, yaitu secara offline dan secara online. Secara offline dengan mengunduh file jQuery terlebih dahulu dan secara online menggunakan CDN. 

Baca juga Membuat kalkulator dengan jQuery

Memamasang jQuery di CI secara oflline 

pertama, kunjungi halaman wb resmi jQuery disini https://jquery.com/download/.Selanjutnya Anda dapat memilih jQuery versi compressed (lebih kecil) atau yang uncompressed (lebih besar). Pada kesempatan kali ini saya akan memilih versi uncompressed, karena kita hanya akan menkonsumi jQuery saja tidak akan mendevelop jQuery. Jika anda ingin mendevelop atau melakukan custom pada jQuery anda dapat menggunakan yang uncompressed, karena lebih mudah dibaca dan dikembangkan.Seleksi semua kode dengan menekan CTRL+S.Kemudian kita simpan dengan nama jquery.min.js.Selanjutkan buatlah folder dengan nama assets di dalam folder root CI anda.Didalam folder assets buat kembali forlder dengan nama js.Selanjtunya pindahkan file jquery.min.js yang sudah di download tadi ke dalam folder root CI andda kemudian assets/js.Untuk memasang jquery yang telah anda simpan, silahkan gunakan script berikut ini.

<script type=”text/javascript” src=”<?=base_url(‘assets/js/jquery.min.js’); ?>”></script>

Baca juga Membuat animasi loading page dengan jQuery

Memasang jQuery di CI secara online 

Pertama, kunjungi halaman CDN jQuery di https://code.jquery.com/.Selanjutnya silahkan pilih versi jQuery sesuai kebutuhan anda. Pada artikel ini kali ini saya akan meengunakan versi uncompresssed kembali.Selanjutnya klik tombol salin pada script yang diberikan.Untuk memasangnya Silahkan tempel di template CI anda.   

<script src=”https://code.jquery.com/jquery-3.6.0.js” integrity=”sha256-H+K7U5CnXl1h5ywQfKtSj8PCmoN9aaq30gDh27Xc0jk=” crossorigin=”anonymous”></script>

Itulah cara memasang jquery di codeigniter. Lebih lanjut belajar jquery bisa disini. 

Written by admin