in

Cara melihat semua URL/link yang mati di blog sendiri

Cara melihat url/link yang mati di blog kata bagi pemula pasti merasa bingung kerena di webmaster tools hanya terdeteksi urlnya yang mati saja dan tidak mengarahkan dimana letak kesalahan url tersebut.

Ini mungkin menjadi pertanyaan Anda saat mencari titik kesalahan url yang terdeteksi di webmaster tools atau yang disebut “kesalahan perayapan” disitu Anda bisa melihat beperapa url yang terdetsi error gagal merayapi laman blog Anda.

Kerena url yang error pasti tidak mengarah ke laman yang telah Anda tuju bisa juga kerena postingan dihapus atau domain yang sudah expired.

Mengapa url/link bisa mati atau broken link/ error 404 not found?

Jika anda belum sepenuhnya paham, maka sulit untuk di jelaskan. Tetapi tidak usah kawatir kerena di blog ini, admin sedikit memahami penyebab link yang mati (broken link). Berikut ini salah satu penyebab yang paling umum url/link mati pada blog kita :
Link Postingan. Biasanya ada kesalahan saat Anda memasukan link/url pada postingan sebelumnya yang mengarah ke artikel lain salah/mati.Komentar. Bisa saja ada orang lain komentar pada blog Anda lalu link/url yang disisipkan mati (broken link)Penghapusan Artikel. Salah satu penyebab yang sering saya alami, menghapus artikel tanpa menghapus di Webmaster Tools bisa saja menyebabkan link error (broken link).Link Perujuk Mati. Link yang mengarah ke situs lain, misalnya link download, link ke sosial media, link ke halaman dan lain sebagainya.
Itulah benyebab url/link mati (broken link) jika Anda tidak segera memperbaiki, maka tingkat SEO pada blog Anda akan menurun. Menurunkan SERP di mesin pencari dan memiliki dampak negatif pada peringkat situs web Anda di Search Engine besar seperti Google, Yahoo, Bing, yandex dan lain sebagainya. Sebagaian besar juga merugikan pembaca blog Anda.

Selain berdapak pada SEO (search engine optimization) juga berdapak negatif pada blog Anda. Misalnya mendaftarkan blog Anda ke GA (Google Adsense) jadi jangan salah jika blog Anda ditolak Google, ini juga menjadi salah satu kriteria penolakan GA kerena adanya link mati/broken link.

Jadi intinya sangat penting sekali untuk memperbaiki link mati pada blog kita. Entah bagaimanapun caranya memperbaiki, bisa juga dengan cara menghapus atau menggantikan URL yang mati dengan yang baru.

Maka dari itu kita harus bertindak dengan serius untuk mengatasi link mati. Kita harus mengabil tidakan dengan cara meggunakan tools online khusus pengecekan link mati. Pengecekan link ini harus rutin paling tidak satu bulan sekali.

Cara melihat URL mati pada blog.

Internet saat ini sudah menyediakan banyak sekali tools canggih yang bisa digunakan untuk keperluan masing-masing kesalahan. Anda bisa mengunakan tools dibawah ini :

    Brokenlinkcheck.comSiteliner.com

Di postingan ini saya akan menggunakan tools online Brokenlinkcheck yang bisa Anda tiru dirumah nanti dan ini Gratis hehe.

Kelebihan Brokenlinkcheck :

    Meriksa situs web dan blog Anda untuk URL yang rusak/mati.Dapat memindai halaman web blog dalam jumplah tak terbatas.Memvalidasi URL internal dan eksternal.Menampilkan lokasi tautan bermasalah dalam HTML Anda.Kode kesalahan laporan (404 dll) untuk semua URL rusak.

1. Langkah pertama kita harus menyiapkan URL blog kita yang mau di cek, (contoh : www.maslogow.xyz)

2. Selajutnya kita harus membuka tools Brokenlinkcheck lewat browser chrome, caranya Anda bisa klik tautan ini www.brokenlinkcheck.com.

3. Masukukan URL blog yang sudah Anda siapkan tadi dan masukan di bawah ini (misalnya www.maslogow.xyz) klik Find broken links.


4. Selajutnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

    Pada nomor 1. Enter your URL (e.g. www.example.com) – by doing so you agree to these. Masukkan URL Anda (misalnya www.example.com) – dengan demikian Anda telah menyetujui persyaratan ini.Pada nomor 2. Security code (kode keamanan) masukan Kode keamanaan yang telah tertulis disamping kanan itu. Jika anda menginginkan kode baru silahkan, Generate new code.

5. Setelah semua persyaratan selesai, selajutnya teliti terlebih dahulu, silahkan simak gambar dibawah ini :

Pastikan anda sudah memasukan kode keamanan (Security code). Seperti contoh di atas saya menulis 5sk8c.

    Report distinct broken links only (Laporkan hanya tautan yang rusak saja)Report all occurrences of each dead link (may be slower) (munculkan setiap tautan/link yang mati).Silahkan pilih sesuai keinginan Anda, disini saya menyarankan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower).

6. Silahkan klik Find broken links now!. Maka akan tampil semua URL yang mati tadi, silahkan chek sendiri dengan cara klik tautan yang sudah terbaca di Broken link Chacker contohnya dibawah ini 404 artinya link tida befungsi/mati.
Gambar 1,2 di atas adalah daftar broken link atau yang di sebut link mati error 404 not found di blog blog kita.

Untuk postingan Cara melihat semua URL/link yang mati di blog cukup sampai disini dulu. Jika ada pertanyaan terkait di blog ini jangan sukan-sukan untuk berkomentar di bawah ini. Semoga bemanfaat 😆.

Written by Bago Cyber