in

Cara instal laravel lewat composer

logo laravel


Kali ini saya akan berbagi tutorial untuk cara instal laravel lewat composer . Jadi sebelum kita menginstal laravel kita perlu menginstal dulu composer .  Kalo kalian sudah instal composer bagus . Kalo belum kita kita ikuti tutorial cara instal composer di windows . Sebelumnya apa sih composer itu ? composer adalah alat manajemen dependency pada php . Composer memungkinkan untuk membuat library pada projek kita . Composer banyak sekali manfaatnya salah satunya dengan menggunakan packagist, kita dapat menggunakan ribuan package yang sudah ada di composer .

Baca juga apa itu laravel ?
Lanjut lagi sebelumnya kalian donwload dulu instalan composernya lewat situs resminya https://getcomposer.org/download/ . Baik jika sudah kita coba instal composer . 
Baik pertama kita jalankan composer dan klik next . 
Selanjutnya kalian di suruh untuk menentu lokasi file php yang akan digunakan pada command line. file tersebut biasannya berada dalam folder php, jika menggunakan xampp .Contoh lokasi yang saya adalah c:/xampp/php/php.exe . 
instal composer
Baik klik next saja jika sudah . Lankah selanjutnya tentukan apakah koneksi internet menggunakan proxy . Misalnya seperti di kantor dimana koneksinya terpusat pada proxy . Jika menggunakan proxy centang use proxy server to connect to internet . dan masukan proxy url nya .
instal composer
Jika sudah langsung saja next . Setelah itu klik instal . Jika sudah instal klik finish selesai . Setelah itu buka command prompt dan ketik “composer” . Jika berhasil menginstal maka akan ada tulisan seperti di bawah .
berhasil menginstal composer
Sekarang kita berhasil menginstal composer . Langkah selanjutnya adalah menginstal laravel . Masih di command prompt . Kita berpindah direktori yang ingin kita instal 
cd c:/xampp/htdocs/
Kalo saya ingin menginstal di lokasi ini . Jika sudah berpindah lokasi sekarang kita jalankan perintah untuk mengisntal laravel terbaru . situs laravel https://laravel.com/
composer create-project –prefer-dist laravel/laravel laravelbaru
Saya beri nama projeknya adalah laravelbaru . kalian bebas beri nama apa saja sesuai keinginan kalian . Jika sudah copy perintahnya dan tekan enter . Tunggu sambil minum kopi karena instal laravel biasanya lama .

Jika sudah selesai instal kita pindah direktori ke projek kita yaitu laravelbaru
cd laravelbaru
Setelah masih di command prompt dan ketik 
php artisan serve
buka browser kalian dan ketik di url 
localhost:8000/
enter . Maka akan berpindah link ke projek laravel yang telah kita instal .
projek laravel

Itu dia cara instal laravel lewat composer . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa . Di artikel artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai cara membuat crud di laravel 5.3 ini .

Bagi yang tertarik dan ingin belajar laravel saya akan memberikan list – list materi untuk belajar laravel disini

Written by Bago Cyber