in

Berkenalan dengan William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

Profile William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia

Siapa yang tidak mengenal William Tanuwijaya . Dia adalah pendiri dari Tokopedia sebuah marketplace yang sangat mendominasi pasar juga menyediakan platform dengan kualitas terbaik untuk membantu pemasaran para pebisnis pebisnis dalam memasarkan produk mereka.

Perjalanan untuk membangun sebuah startup Tokopedia tidaklah mudah banyak rintangan – rintangan yang telah di hadapi mulai dari mengali ilmu, mencari investor, membangun bisnis, dll. Hingga akhirnya William berhasil membangun Tokopedia sebagai salah satu startup indonesia yang mendapat gelar unicord.

Mencari ilmu

William tanuwijaya lahir di Pematang Siatar, Sumatera Utara pada 11 november 1981. Setelah lulu SMA William diminta ayahnya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di Jakarta. Meski berasal keluarga dengan ekonomi yang pas – pasan. Orang tua William sangat peduli sekali dengan pendidikan. 
William pun akhirnya menjalani perantauan pertama di Jakarta dan berkuliah di Universitas Bina Nusantara ( Binus University ).

Mencari perkerjaan sampingan

Pada perkuliahan tahun kedua ayah william jatuh sakit. William pun akhirnya mencari pekerjaan sampingan sebagai penjaga warnet untuk membiayai kuliahnya. Ia menjaga warnet dari jam 9 malam hingga 9 pagi. Munculah kecintaan dia kepada dunia Internet. 
Setelah lulus kuliah. William melihat bagaimana kesuksesan google yang membuatnya terinspirasi dalam membangun usaha. Tetapi sebelum dia menjalankan usaha dia tidak langsung memulai usaha setelah lulus, William berkerja ti beberapa perusahaan software mulai dari game developer, sofware developer, hinggi IT and Business Developer Manager. 

Mendirikan Tokopedia

Hingga akhirnya William mendirikan Tokopedia pada tahun 2007 dengan di bantu temannya Leontinus Alpha Edison untuk bersama – sama membangun Tokopedia. Tetapi selama dua tahun William banyak mengalami kesulitan pemodalan . William sering kali di tolak, banyak yang menganggap bahwa mimpinya telalu tinggi.
Selama pada 2009 ada yang percaya memodalinya untuk membangun Tokopedia. Hingga akhirnya Tokopedia menjadi salah satu dari 3 startup pertama di indonesia yang mendapatkan gelar Unicord . startup 2 lainnya adalah gojek dan traveloka. Pada tahun 2016 William juga mendapatkan penghargaaan ‘ Young Global Leader ‘ .

Written by admin