in

Belajar CRUD part 3 (menampilkan data dari database dengan php)

Menampilkan data dari database dengan php

Selamat datang kawan . Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel yang kemarin . Setelah di artikel kemarin saya berbagi mengenai menambahkan data ke database menggunakan php, kali ini saya akan berbagi mengenai menampilkan data dari database dengan php . Kalo kawan kawan belum mengikuti postingan yang sebelumnya sebaiknya ikuti dulu .

Baca mari artikel sebelumnya Belajar CRUD part 2 (menambahkan data ke database dengan php)

Baik kalo sudah mengikuti postingan yang sebelumnya, sekarang kita akan lanjutkan . Untuk menampilkan data dari database menggunakan php sangatlah mudah, kita tinggal ketik ketik selesai . Kenapa saya bilang mudah ? karena agar kita perlahan lahan menjadi orang yang optimis . Baik lanjut saja . Di sebelumnya untuk menambahkan data ke database kita menggunakan query

insert into orang(nama,umur)values(‘$nama’,$umur);

Kalo untuk menampilkan semua data kita gunakan

select * from orang

Itu menampilkan semua data .Baik sekarang kita akan coba ngoding . Kita akan menampilkan semua data menggunakan table , jadi kita buat dulu HTML dan nanti kita akan sisipkan PHP .

<h1>Isi data</h1>
<table border=”1px”>
<tr>
<td>Id</td>
<td>Nama</td>
<td>Umur</td>
</tr>
<tr>
<td>1</td>
<td>wandi</td>
<td>16</td>
</tr>
</table>

Baik itu baru yang statis , sekarang kita akan coba buat yang dinamisnya , yaitu id , nama , umur akan kita ambil dari database . Oke kita akan coba . Kita edit lagi dikit yang tadi .

<?php 
include “konek.php”;
?>
<h1>Isi data</h1>
<table border=”1px”>
<tr>
<td>Id</td>
<td>Nama</td>
<td>Umur</td>
</tr>
<?php 
$querytampildata=mysqli_query($konek,”SELECT * FROM orang”);
while($data=mysqli_fetch_array($querytampildata)){
?>
<tr>
<td><?php echo $data[‘id’];?></td>
<td><?php echo $data[‘nama’];?></td>
<td><?php echo $data[‘umur’];?></td>
</tr>
<?php } ?>
</table>

Baca juga mengenal array di php

Kita coba dan save dengan nama tampildata.php saja dan kita coba jalankan .

ini isi datanya yang ane gan
Baik saya akan coba jelaskan .
Pertama kita memerlukan menkoneksikann database dan php , dengan menginclude konek.php yang telah kita buat . Lalu kita jalankan query $querytampildata=mysqli_query($konek,”SELECT * FROM orang”);  Nah setelah itu saya gunakan perulangan while dan menggunakan fungsi $data=mysqli_fetch_array($querytampildata) Jadi  selama datanya masih ada maka akan terus di ulang ulang sampai datanya habis .  Selai kita menggunakan mysqli_fetch_array() masih ada juga cara yang lain, tetapi ini  juga cukup bagus .

Oke itu dia cara menampilkan data dari database dengan php . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Baca artikel selanjutnya belajar crud part 4

Written by Bago Cyber