in

Bahasa untuk pemprograman mobile


Dari judulnya terdengar seram ya, bahasa untuk pemprograman mobile. Sebenarnya pemprograman android ini ada juga loh mulai dari bahasa yang memang sulit dan bahasa yang memang mudah di pelajari. Kayanya kalian tidak sabar ni apa saja sih bahas untuk pemprograman mobile, mudah mudahan kita bisa membuat aplikasi yang bermanfaat. Baiklah tanpa berlama lama lagi JutsuCoding akan bahas.

Sekarang banyak ya aplikasi aplikasi android ini, tidak hanya banyak aplikasinya tetapi penggunanya pun banyak. Pengguna perbeda beda kebutuhan, jadi tidak heran aplikasi aplikasi di android itu banyak, tetapi yang JutsuCoding akan bahas kali ini adalah tentang bahasa untuk mengembangkan android.

1. Java

Kalo java memang dari lulu ya. Juga menurut TIOBE Index bahasa java merupakan bahasa pemprograman yang paling populer di bulan juni 2017.Kalo kalian ingin membuat aplikasi android bisa pakai bahasa pemprograman ini, kenapa ? karena java memiliki komunitas yang sangat besar, baik di dunia maupu di indonesia, jadi bisa dengan mudah bertanya atau mencari cari dokumentasinya. Kalo kalian menggunakan bahasa pemprograman java untuk membuat aplikasi android ini, kalian bisa gunakan aplikasi yang namanya Android Studio, karena itu merupakan aplikasi yang disedikan oleh google untuk para pengembang / developer android. 
Download Android Studio 

2. Kotlin

Kotlin merupakan bahasa yang dikembangkan dan didesain oleh JetBrains. JetBrains adalah perusahaan asal Ceko yang mengembangkan berbagai IDE populer seperti Intellij IDEA, PyCharm, RubyMine, PhpStorm, dkk. Juga Android Studio yang dipakai setiap developer android .Pada bulan meli yang lalu di event Gogle I/O 2017, team Android Goolge resmi mengumumkan dukungan penuh untuk bahasa pemprograman Kotlin untuk membuat aplikasi Android.
Kotlin dibuat untuk mengatasai kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh java. Selain itu, Kotlin memiliki fitur penting yaitu bahas ini dapat dipakai bersamaan dengan java dalam satu aplikasi yang sama.

iOS

3. Swift

Kalo kalian ingin membuat app ios, sistem operesi untuk iPhone dan iPad, maka bahasa Swift ini bisa menjadi pilihan. Bahasa swift ini diperkenalkan pada tahun 2014 dan telah dirilis source code pada tahun 2015. Bahasa pemprograman Swift sangat populer untuk developer iOS.
Selain itu juga Apple telah menabahkan fitur – fitur yang bermanfaat ke bahasa nini seperti sintaks yang sederhana, dapat memberitahu ketika terjadi error, dkk.

4. Objective-C

Sebelum adanya bahasa Swift, pemprograman Objective-C merupakan bahasa yang dipakai untuk mengembangkan iOS. Meskipun bahasa pemprograman Swift merupakan bahasa pemprograman yang populer tetapi masih banyak developer iOS yang mengembangkan aplikasinya menggunakan bahas Objective-C

Cross-Platform

5. JavaScript

Javascript adalah bahasa pemprograman yang sangat populer didunia website, selain di dunia website Javascript juga menjadi bahasa populer di dunia mobile. Javascript salah satu bahasa pemprograman yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi mobile. Banyak sekali framework – framework javascript ini, untuk membuat aplikasi mobile kalian bisa menggunakan lonic 2 dan React Native
dengan menggunakan salah satu framework lonic 2 atau React Native ini, kalian boleh mempublikasikan aplikasi yang berjalan di iOs dan Android dari satu sumber.

Baca juga apa itu javascript

6. TypeScript

TypeScript merupakan superset dari javascript. TypeScript menawarkan keamanan lebih lewat opsi static typing. Bahasa ini memberikan dukungan yang lebih baik untuk membuat aplikasi berskala besar. TypeScript memungkinkan pengembang membuat aplikasi mobile cross platform menggunakan framework.

7. C#

C# merupakan bahasa pemprograman untuk windows mobile.  C# adlah memprograman yang tidak berbeda jauh dari C++ dan Java, selai itu C# juga mengadopsi beberapa fitur fitur java. C# juga memiliki komunitas yang cukup besar. 

8. C

Bahasa pemprograman C ini memang legend tetapi selain legend, masih banyak juga pengembanganya bahkan menurut TIOBE Index bahasa c merupakan bahasa yang populer. Selain itu juga bahasa C memiliki banyak komunitas komunitas developer yang berpengalaman. Bahasa C membuat aplikasi android menggunakan NDK (Native Development Kit) .

9. C++

Bahasa C++ adalah bahasa pengembangan dari bahasa C yang menambahkan fitur fitur tambahan untuk mendukung Object Oriented Programming ( OOP ). C++ merupakan bahasa favorit untuk developer Android NDK.

10. Ruby

Ruby bisa juga dipakai untuk membuat aplikasi mobile. Dengan menggunakan salah satu framework ruby yaitu RubyMotion, rubymotion bisa dipakai untuk membuat aplikasi mobile native dan cross platform.

11. Python

Python merupakan bahasa yang populer karena kemudahkan memperlajarinya juga memungkinkan kita untuk membuat aplikasi mobile. Kalian dapat membuat aplikasi mobile dengan menggunakan salah satu framework python yaitu Kivy .
Itulah bahasa bahasa yang bisa kalian pakai untuk membuat aplikasi mobile, gimana sudah memilih untuk menggunakan bahasa pemprograman apa ? yang terpenting adalah bukan menggunakan bahasa apa ? tetapi yang terpenti adalah aplikasinya bermanfaat atau tidak ? 
Semoga menambah wawasan.

Written by admin