in

Bahas Tuntas Tentang WIFI ( Pengetian, Cara Kerja, Kelebihan dan kekurangan )

Bahas Tuntas Tentang WIFI ( Pengetian, Cara Kerja, Kelebihan dan kekurangan )

Setiap kali kita bepergian ke tempat umum seperti kafe atau restoran , stasiun, perpustakaan umum, dan sebagainya, pertanyaan paling umum yang sering diajukan kepada petugas atau pelayan di tempat umum tersebut adalah : “ada Wifi atau tidak?”.

Cukup banyak pula tempat komersial yang menarik pelanggan dengan cara mempromosikan Wifi gratis untuk siapapun pengunjung sambil bersantai sejenak. Namun tahukah Sobat apa sebetulnya Wifi itu, dan apa hubunganya dengan hotspot, yang juga kita sering sama artikan? Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian Wifi, fungsi Wifi, cara kerjanya serta kelebihan dan kekurangnya .

Baca juga apa itu telnet ? kelebihan, kekurangan, cara kerja & fungsi ?

Apa sih yang dimaksud WIFI ?

Anda mungkin terkejut jika masih banyak orang yang tidak mengerti bahwa istilah Wi-Fi adalah sebuah singkatan. Ada sejumlah teori yang menjelaskan mengenai istilah Wi-Fi, namun hampir di seluruh dunia, istilah Wi-Fi didefiniskan sebagai singkatan dari Wireless Fidelity.

WIFI teknologi nirkabel telah cukup terkenal di manapun: di rumah, tempat kerja, perpustakaan, sekolah, bandara, hotel, dan bahkan di beberapa restoran.

Jaringan nirkabel ini kemudian dikenal sebagai  802.11 atau Wi-Fi , karena menggunakan teknologi IEEE 802.11. Salah satu keunggulan Wi-Fi adalah kompatibiltasnya dengan hampir semua sistem operasi, perangkat game, dan printer yang canggih.

Bagaimana cara kerja WIFI ?

Seperti halnya perangkat ponsel , suatu jaringan Wi-Fi memakai gelombang radio untuk mentransmisikan informasi ke dalam jaringan. Komputer yang mempunyai adaptor nirkabel akan menerjemahkan data yang telah dikirim dalam bentuk sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan ditransmisikan melalui antena, menuju ke decoder yang dikenal juga sebagai router. Begitu sinyal diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet melalui Ethernet.
Karena jaringan nirkabel ini merupakan jaringan dua-arah, data yang diterima dari jaringan internet juga akan melewati router . Tujuannya adalah untuk dikodekan ke dalam bentuk sinyal radio, yang akan diterima oleh perangkat adaptor nirkabel dari juga sebuah komputer.

Baca juga apa itu FTP? fungsi, cara kerja dan cara mengamankan FTP

Apa saja sih fungsi dari WIFI ?

1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas penggunanya, Wifi bisa untuk digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

2. Berbagi Data Antar Perangkat

Misalkan Sobat mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu sobat ingin memindahkan data di salah satunya ke perangkat lainnya. Wifi juga dapat dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan untuk berbagi data dan menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Modem Dari Smartphone

Memang betul dengan adanya Wifi, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Namun tak hanya itu, jika smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka Anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.
Hal ini sangat berguna terutama jika Anda bepergian ke tempat yang tidak tersedia Wifi. Jika paket data Sobat cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Sobat dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Hal ini tentu sudah bisa dipahami oleh para pengguna smartphone. Berbeda halnya dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung dari keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan Wifi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya adalah Anda bisa melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, akses yang tidak membutuhkan loading.

Baca juga apa itu ssl ?

 

Kelebihan dan kekurangan WIFI

1. Kelebihan

    Produk Wi-Fi tersedia secara luas di pasaran.Jaringan WIFI di design untuk punya symetric up and down speed.Wi-Fi adalah pilihan jaringan yang sangat ekonomis karena harga paket ship Wi-Fi yang biasanya terus menurun.Tersebar Luas di lebih dari 250.000 tempat umum, jutaan rumah, perusahaan dan universitas di seluruh dunia.Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa menggunanakan kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi. Ruang dimana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan juga bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.Wi-Fi dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio berfrekuensi 2,4 GHz. Selain itu Wi-Fi juga dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54Mbps.Wi-Fi menggunakan jalur akses jaringan / hotspot, dan dapat berkomunikasi ke semua komputer atau laptop.Wireless klien: PCMACIA / PC Card, Gateway, server, modem, router dan proxy.Wi-Fi adalah perangkat standar global.Tidak seperti operator perangkat seluler, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.

Baca juga Pengetian VPN

2. Kekurangan 

    Wi-Fi menggunakan spektrum 2.4GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lainnya seperti telepon tanpa kabel, Bluetooth, oven microwave, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.Adanya kelemahan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi. Kelemahan tersbut disebabkan karena terlalu mudah membangun sebuah jaringan wireless.Jalur akses gratis dapat digunakan oleh orang tak dikenal dan berbahaya untuk melakukan serangan yang akan sangat sulit untuk melacak di luar jalur akses pemilik.Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.WEP (Wired Equivalent Privacy) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.Intervensi pada jalur akses tertutup atau dienkripsi dengan jalur akses terbuka yang lainnya pada saluran yang sama atau dekat dapat mencegah akses ke jalur akses yang terbuka oleh orang lain di daerah tersebut. Ini menimbulkan masalah tinggi di daerah kepadatan tinggi seperti blok apartemen besar di mana banyak penduduk beroperasi poin akses Wi-Fi.Jalur akses dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia ditransmisikan dari konsumen Wi-Fi.Jaringan Wi-Fi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router Wi-Fi rumahan mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.

Itulah bahas bahas tuntas tentang WIFI, semoga menambah ilmu dan wawasan.  Terimakasih telah berkunjung 🙂

See you.

Written by admin