in

Array pada vb6

Selamat datang kawan di blog saya yang sederhana ini . Di kesempatan kali ini saya akan coba share mengenai vb6 lagi , kali ini saya bahas mengenai array pada vb6 . Yang di tanyakan array pada vb6 ini adalah . Apa itu array ? Bagaimana cara membuat array ? Apa kegunaan array ?

Baca juga : Fungsi pada vb6

Apa itu array ?

Array merupakan kumpulan nilia bervariable sama yang membedakan adalah indexnya . Index itu apa ? nanti kita akan tahu setelah kita menulis dan mejalankan contoh dari saya .  Apa sih keuntungan dari array itu ? keuntungannya adalah kita dapat menampung banyak nilai dalam variable yang sama .  Cara penulisannya gimana ?

dim nama_varible(jumlah_array) as tipe_data

Baca juga : Cara membuat jam digital degan vb6

Mudahkan penulisan array pada vb6 ini . Di vb6 ini ada yang namanya array dinamis . Array dinamis itu apa sih ? Jadi array dinamis adalah array yang jumlah maksimumnya tidak terbatas .

Contoh array

Atur tampilan seperti berikut . Kita tambahkan saja satu list box

Sekarang kita tinggal koding . Codingnya seperti berikut 

Dim nama(3) As String

Private Sub Form_Load()
nama(0) = “Naruto”
nama(1) = “Sasuke”
nama(2) = “Sakura”
nama(3) = “Kakashi”
For n = 0 To 3
List1.AddItem nama(n)
Next n
End SubSebagai tambahan jadi array itu dimulai dari 0 indexnya , jadi kalo kita ingin memanggil Naruto maka nama(0) . Mudah bukan untuk membuat array .

Contoh multi array 

Maksudnya apa sih mult array itu ? Jadi multi array adalah array di dalamnya itu ada array lagi . Penulisannya sama hanya pas di bagian indexnya ditambah lagi . Contoh Dim nama(2, 2) As String yang artinya itu adalah kita memiliki variable nama yang merupakan array dan di dalam array tersebut ada array lagi .Membingunkan ya . Jika bingung kita langsung ke contohnya saja , semoga tidak bingung .
Atur tampilan seperti berikut . Ada listbox dan combo box , 

Sekarang kita ke bagian koding , dan tulis seperti berikut

Dim nama(2, 2) As String

Private Sub Combo1_Click()
List1.Clear
pilah = Combo1.Text
Select Case pilah
Case “Genin”
For n = 0 To 2
List1.AddItem nama(0, n)
Next n
Case “Jonin”
For n = 0 To 2
List1.AddItem nama(1, n)
Next n
Case “Senin”
For n = 0 To 2
List1.AddItem nama(2, n)
Next n
End Select
End Sub

Private Sub Form_Load()
nama(0, 0) = “Naruto”
nama(0, 1) = “Sasuke”
nama(0, 2) = “Konohamaru”
nama(1, 0) = “Shikamaru”
nama(1, 1) = “Neji”
nama(1, 2) = “Kakashi”
nama(2, 0) = “Jiraya”
nama(2, 1) = “Sunade”
nama(2, 2) = “Orochimaru”
End Sub
Jadi kalo kita ingin kita kalo kita ingin manggil naturo maka nama(0,0) atau di ibaratkan nama(Genin,0) , kalo manggil neji nama(1,1) atau di ibaratkan nama(Jonin,1) . Kalo masih binggun di bagian multi arraynya coba terus pahami . ingat belajar itu tidak mudah butuh perjuangan , dan setelah perjuangan itu kita akan mendapat hasilnya .

Oke mungkin itu dia bahas bahas mengenai array pada vb6 . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik .

Written by admin