in

Apa itu VPN ?

JutsuCoding kali ini akan membahas mengenai apa itu VPN ? Kalian mungkin pernah internetan atau mungkin suka internetan karena internet sekarang sangat di butuhkan untuk kehidupan sehari hari, mulai dari komunikasi, mencari informasi, hiburan dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi bagaimana jika internet kita sedikit lagi  ? Nah dengan meggunakan VPN ini kalian bisa tetap internetan, untuk lebih jelasnya kita bahas bersama sama .

Pengertian VPN

VPN ( Virtual Private Network ) adalah teknologi yang memungkinkan kita bisa mengakses internet jika terkoneksi vpn tersebut Insya Allah , dari lokasi – lokasi berbeda. artinnya di antaranya operator ISP/jaringan lokal kalian tidak dapat memeriksan atau memfilter trafik dan setiap sistus atau layanan lainnya akan melihat alamat ip kalian berbeda-beda.

Fungsi VPN

Dengan menggunakan VPN ini merupakan cara yang paling aman untuk mengakses LAN (Local area network) yang terdapat pada area tertentu, melalui jaringan internet atau intranet untuk melalukan pentransimian data secara private ( pribadi ). Pengunaan VPN bermanfaat karena dapat menghindari adanya penyusup saat transimisi data dilakukan ketika lalu lintas jaringan. Jika mengacu pada teori di atas maka ada beberapa fungsi pada VPN, berikut :

1. Keutuhan data

Dengan menggunakan VPN ketika proses transmisi data yang dikirim oleh pengirim dan di terima oleh penerima, data tersebut tidak bisa dimanipulasi oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Otentikasi sumber

VPN ini dapat melakukan proses autentikasi sumber data dari pengirim data yang akan diterima oleh penerima. Cara kerjanya, VPN melalukan proses pemerikasaan data yang masuk dari sumber.Jika proses pengecekan atau autentikasi berhasil, maka data atau informasi disetujui. Dengan adanya fungsi Otentikasi sumber VPN dapat berguna untuk menganalisi sumber data yang tidak aman sehingga mencegah data malware atau virus kiriman.

3. Kerahasian data

VPN dapat melakukan menggunakan metode enkripsi data sehingga dapat mengamankan proses keluar masuknya data.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu vpn, semoga bisa dipahami.

Written by admin