in

Apa itu Virtual Reality (VR)?

virtual reality technology

Apa itu VR?

Virtual reality atau sering disingkat VR adalah sebuah teknologi yang dapat memungkinkan user untuk berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, sehingga dapat membuat pengguna lebih merasakan dunia virtual. Sistem VR Biasanya dilengkapi dengan berbagai alat yang mendukung pengguna untuk merasakan sensasi lingkungan buatan. Misalnya dengan menggunakan headset, kacamata, sarung tangan dan berbagai properti fisik lainnya.

Baca juga : Apa itu Augmented Reality (AR)

Kenapa VR sangat dibutuhkan?

Karena dengan hadirnya teknologi VR kita bisa merasakan sensasi dunia nyata di dunia maya yang memungkinkan semua panca indera merasakan sensasi tersebut. bukan hanya itu VR juga memiliki beberapa fungsi dan manfaat bagi kita semua seperti untuk hiburan, edukasi, kedokteran, game dan masih banyak lainnya

Fungsi Virtual Reality

    Edukasi


Teknologi VR memiliki banyak kegunaan salah satunya untuk edukasi atau pembelajaran, mengapa demikian karena dengan teknologi VR user dapat bereksperiment menirukan berbagai objek disekitarnya seperti belajar cara melukis.

    Kedokteran

virtual reality examples
Teknologi VR juga sangat berguna di bidang kedokteran salah satu contohnya yaitu para dokter dapat belajar cara melakukan operasi bedah dengan aman. Bukan hanya itu dengan adanya Teknologi VR para pasien juga depat dengan mudah menjalani terapi  

    Hiburan 

virtual reality games

Bagi anda pecinta dan penggemar game tentu saja pengalaman bermain game yang semakin nyata pasti akan menjadi idaman anda. Nah dengan adanya teknologi VR memungkinkan anda untuk dapat merasakan Atmosphere di dalam dunia game seperti contoh game BeatSaber ini.

Written by admin