in

Apa itu Telnet? Kelebihan, Kekurangan, Cara kerja & Fungsinya?

 Hallo Sehabat Setia JutsuCoding

Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas sesuatu yang berhubungan tentang jaringan komputer dan Internet, Apakah itu?

Itu adalah Telnet, mungkin pada postingan kemarin admin sudah pernah membahas tentang SSH. Telnet ini kurang lebih hampir sama seperti SSH, namun ada beberapa hal yang membedakan dari kedua program tersebut.

Salah satu yang membedakannya yaitu dari segi keamanan. Dalam penggunaanya SSH menggunkan Enkripsi dalam melakukan Tranmisi anatara komputer Client/Server,  sedangakan Telnet tidak menggunkan Enkripsi sama sekali sehingga memudahkan pencurian password oleh para Sniffers.

Untuk lebih jelasanya dalam mengenal Telnet, kita langsung saja simak materi yang akan Admin sampaikan di postingan ini…

 

Logo Telnet

Apa itu Telnet?

Telnet atau dalam bahasa inggris disebut Telecommunication network merupkan suatu protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau jaringan area lokal (LAN) yang dapat memberikan akses remote (jarak jauh) untuk login kedalam komputer yang berada dalam satu jaringan.

Baca Juga : 3 Tools untuk Research Keyword

Pada umumnya Telnet biasa dipakai untuk login ke komputer lain pada suatu jaringan untuk dapat mengakses berbagai macam layanan seperti melakukan shutdown, membaca data, dan melakukan hal lainnya yang hanya dapat dilakukan melalui Command Line.

 

Bagaimana cara kerja Telnet?

Secara sederhana Telnet dapat berkerja dengan menggunakan 2 buah komputer yaitu komputer Client dan Server. Fungsi dari komputer Client itu sendiri, adalah sebagai komputer yang dapat meminta suatu layanan kepada server untuk diakses dalam jaringan tersebut. Sedangkan Komputer Server berfungsi untuk memberikan layanan kepada komputer yang berada dalam satu jaringan.

Apa fungsi Telnet?

Fungsi dari Telnet kurang lebih hampir sama seperti cara kerjanya, namun Telnet memiliki fungsi utama yaitu dapat mengakses komputer dari jarak jauh dengan menggunkan remote access sehingga memungkinkan komputer anda untuk dijadikan terminal seperti komputer lainnya.

 

Kelebihan Telnet

Adapun kelebihan dari teknologi Telnet adalah memudahkan pengguna untuk mengakses komputer dari jarak jauh dengan menggunkan user interface yang cukup ramah. Maksud dari cukup ramah disini adalah pengguna dapat mengesekusi perintah pada Command Line yang ada pada komputer tersebut.

 

Kekurangan Telnet

Kekurangan dari teknologi Telnet adalah penggunaan otentikasi NTLM tanpa menggunakan enkripsi sehingga memudahkan pencurian password oleh para Sniffers. Jika anda merupakan Administator sebaiknya menggunakan SSH pada sistem operasi linux dibandingkan Telnet Server.

——————————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Telnet. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

 

Written by Bago Cyber