in

Apa itu SSH? Manfaat & Fungsi dari SSH?

Hallo Sehabat Setia JutsuCoding

Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas sesuatu yang berhubungan tentang jaringan komputer dan Internet tentunya, Apakah itu?

Yaa benar itu adalah SSH… mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mengerti dan bahkan tidak tau sama sekalimengenai Pengertian & Manfaat dari SSH itu sendiri, oleh karena itu akan akan membahas sedikit tentang pengertian dan manfaat dari SSH. Oke dari pada banyak lama mending kita langsung masuk saja kedalam materi…

Logo SSH

Pengertian SSH (Secure Shell)

SSH atau Secure Shell merupakan salah satu protokol jaringan yang digunkan pada sistem komunikasi antara dua sistem komputer yakni Client/Server. SSH memungkinkan seorang user untuk dapat login kedalam server menggunakan remote seperti layaknya aplikasi Telnet, tetapi SSH jauh lebih aman dibandingkan Telnet karena Telnet dan FTP menggunkan plain text, sedangkan SSH meng-enkripsi data selama proses komunikasi berlangsung.

Baca Juga : Apa Itu FTP? Fungsi & Cara kerjanya

Hal tersebut membuat penyusup/intruder mengalami kesulitan saat ingin mencoba mendapatkan password yang tidak dienkripsi dari client/server. Fungsi utama apalikasi SSH adalah untuk mengakses komputer menggunkan Remote. Adapun bentuk yang dapat diakses remote oleh SSH yaitu berupa mode Grafis ataupun mode Text.

Fungsi SSH (Secure Shell)

    Menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan seperti telnet, rlogin, ftp, dan rsh.Melakukan enkripsi data yang dikirim.Mengakses Komputer Secara Remote dengan aman.Aplikasi Protocol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.Otentifikasi yang merupakan mekanisme untuk memastikan pengiriman dan penerimanya benar dan aman.Kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

Manfaat menggunkan SSH (Secure Shell)

Manfaat dari menggunakan SSH yaitu dapat meningkatkan keamanan data pada komputer ketika kita ingin mengakses internet, karena dengaSSH akan meng-enskripsi semua data yang terbaca oleh komputer yang kemudian baru akan dikirim ke server.

Selain dapat melakukan enskripsi data pada jaringan internet, SSH juga memiliki kemampuan untuk melakukan Port Forwarding sehingga dapat melakukan koneksi aplikasi TCP dengan lebih aman dan dapat melakukan koneksi dengan membypass firewall atau proxy setempat. Mungkin masih banyak lagi manfaat lainnya dari SSH seperti

    SSH juga dapat melakukan monitoring log file dengan mudah. Sehingga kita dapat menjalankan atau menghentikan aktivitas service yang tersedia di dalamnya.
    SSH juga dapat meberikan kemudahan bagi kita untuk menginstall software ke akun hosting. 

——————————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar SSH. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

Written by Bago Cyber