in

APA ITU REVOLOSI TEKNOLOGI ABAD 21?

APA ITU REVOLOSI TEKNOLOGI ABAD 21?

Pernahkah kalian berpikir bahwa teknologi semakin maju setiap harinya dalam berbagai bidang?Karena sadar atau tidak, perkembangan pesat dalam bidang teknologi ini terjadi lantaran kebutuhan manusia yang semakin banyak. Mulai dari sarana komunikasi, transportasi, dan banyak lagi hal lainnya. Tujuannya satu, memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini tentu saja memacu kita untuk mengejar ketertinggalan dan dituntut untuk melek terhadap perubahan saat ini dan mendorong adanya revolusi teknologi pada abad 21.

Revolusi teknologi sendiri dapat didefinisikan sebagai perubahan teknologi yang berlangsung dalam waktu cepat dan mengacu pada arah modern yang terjadi dalam semua bidang kehidupan manusia.

Perkembangan teknologi adalah suatu hal yang tidak bisa dihindarkan, dimana latar belakang terjadinya revolusi teknologi pada abad 21 ini lantaran adanya tuntutan kompetisi di era globalisasi yang semakin hari semakin berkembang pesat, sehingga menuntut manusia menghasilkan temuan baru.

Teknologi juga menjadi kebutuhan pokok manusia pada abad ini untuk membuat hidup menjadi lebih mudah lagi. Selain itu, adanya persaingan dunia yang semakin meningkat juga menuntut manusia untuk lebih melek secara digital.

Baca juga apa itu 5g teknologi

Adapun untuk perkembangan teknologi informasi pada abad ke 21 ini terjadi dalam 3 bidang utama yaitu :

Ekonomi

Dari sisi ekonomi, perkembangan teknologi abad 21 ditunjukan dengan serba digitalnya kegiatan ekonomi. Contohnya, saat ini dalam transaksi jual beli bisa dilakukan secara daring/ online.

Pendidikan

Dalam bidang pendidikan perkembangan teknologi abad 21 dibuktikan dengan penemuan berbagai teknologi baru yang dapat diakses oleh semua kalangan tanpa adanya batasan usia. Dalam media pembelajaran, tidak lagi menggunakan kertas ataupun buku tetapi semua bisa diakses secara online.

Pertanian

Dalam bidang pertanian, bisa dilihat dengan banyaknya temuan teknologi baru yang mengganti tenaga kerja manusia dengan tenaga kerja mesin yang jauh lebih pintar, efektif, dan efisien.

Baca juga Apa itu virtual reality (VR) ?

Dengan semakin luasnya penggunaan teknologi, menolak revolusi teknologi adalah hal yang mustahil selama kita hidup di dunia. Dibuktikan dengan banyaknya manusia yang mulai merubah gaya hidupnya, menjadi serba digital. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita di abad 21 ini, lantaran pola pikir manusia dewasa ini lebih ke arah individualitis dalam kehidupannya, sehingga peran teknologi diharapkan bisa menjadi media sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Written by admin