in

Apa itu model view controller (MVC) di pemrograman web?

Pengertian MVC

MVC atau singkatannya Model View Controller adalah sebuah teknik pemrograman web untuk memecah web menjadi 3 bagian penting yang saling berhubungan (Model, View dan Controller)

MVC memisahkan antara view (Tampilan web) dan model (data pendukungnya) dan diantaranya ada controller yang menjembatani antara tampilan dan data pendukungnya (database array atau semacamnya).

berbeda dengan menggunakan cara standar dimana semua view, sistem logic, dan koneksi ke databasenya berada didalam satu file php. yang mengakibatkan banyak mengetik kode dan struktur file tidak karuan karena saking banyaknya ;-(

Gambar dibawah adalah penggunnaan file dan folder jika kita menggunakan cara lama. masalah seperti ini biasanya banyak dilalui oleh programmer yang belum mengenal framework php (seperti saya sebelumnya =D).

padahal jika kita ingin membuat aplikasi berskala besar, jika kita masih memakai cara lama akan membutuhkan banyak waktu dan banyak tenaga pikiran (mungkin dibutuhkan lebih dari 7 otak =D hehe)
MVC sendiri sebenarnya sangat mudah sekali dipelajari. namun sebelumnya sampeyan sebaiknya mengenal OOP dulu (PHP berbasis Objek). Baca => [Apa itu php OOP?]lihat gambar dibawah

    User meminta request url :
    Saat user memasukkan url, katakanlah “koperasi.com/anggota” itu berarti user ingin melihat data anggota koperasi. kemudianController beraksi:dijalankanlah controller anggota, tugas controller anggota ini adalah mengambil data dari model anggota yang isinya data dari database misalnya. dan menambahkannya di view anggota.kemudian si controller tersebut menampilkan si viewnya ke browser. 

masih bingung?, mari kita analogikan biar lebih jelas

analogi

    Pak controller adalah pemilik dari perusahaan jasa lukis wajah, dia memiliki anak buah: mas model dan mas view. Suatu hari seorang pelanggan (User) meminta untuk dilukis wajahnya.pelanggan tersebut meminta ke pak controller.Kemudian pak controller meminta mas model untuk mencari data wajahnya (foto)setelah dapat foto dari mas model, pak controller ini pun bekerja melukis wajahnyaSetelah wajahnya sudah dilukis, lukisan tersebut diberikan ke mas viewMas view memberikannya ke pelanggan

Jadi :

Model : berisi fungsi fungsi untuk keperluan data, seperti CRUD database.View : berisi kode html biasa dan beberapa php untuk menampilkan data.Controller : Berisi fungsi-fungsi untuk memproses logic dan sistem dari web, seperti : pemrosesan form, menampilkan view.

Itu tadi adalah penjelasan sedikit tentang Konsep MVC, konsep ini digunakan di hampir seluruh framework PHP dan beberapa pemrograman lainnya seperti Android. Jika anda mempunyai pertanyaan, tulis di kolom komentar dibawah.
Oke,
Untuk mengetahui konsep MVC lebih dalam, mari kita mengimplementasikan pada real programming, kita bisa praktekkan pada pemrograman web.

Written by Bago Cyber