in

Apa itu laravel ?

logo laravel

Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu laravel .  Laravel adalah salah satu framework PHP . Sebelumnya framework itu apa sih ? framework bisa dibilang kerangka kerja . Laravel itu adalah satah satu framework PHP yang berbada dari framework lainnya . Laravel dirilis dibawah lisensi MIT, di buat dengan konsep MVC ( mode view controller ) .

Baca artikel selanjutnya Apa itu Codeigniter

Framework laravel ini pertama kali dirilis pada juni 2011 . Pada desember 2013, laravel menempati framework PHP terpopuler . Kok bisa sih ? tentu, laravel memiliki banyak kelebihan kodenya lebih singkat, mudah dimengerti, dan ekspressif . Dengan menggunakan framework laravel bisa bisa cepat dan mudah untuk membuat website .

Seperti tadi saya bilang bahwa laravel itu memiliki keunggulan kode menjadi lebih singkat . Contohnya adalah laravel memiliki sebuah system template blade . Yang mana kita untuk meng echo  atau menampilkan variable jadi lebih singkat .

<?php
  echo $nama;
?>

dengan menggunakan framework laravel kita tinggal menggunakan kurung kurawal dua

{{ $nama; }}

Selain itu juga untuk mebuat sebuah auth user kita tinggal menggunakan command prompt , berpindah ke direktorinya dan mengetik

php artisan make:auth

dan enter maka jadi tuh fitur login, dalam beberapa detik . Selain itu laravel menerapkan prinsip routing yang sangat simpel .

Route::get(‘/blog’, function () {
    return view(‘blog.index’);
});

Gimana tertarik belajar laravel . Nanti saya akan coba di artikel artikel yang lainnya membuat blog dengan menggunakan framework laravel 5.3 . Nanti kita akan belajar mulai dari cara instal sampai pembuatan blog jadi . Baik itu dia semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang lainnya .

Bagi yang tertarik dan ingin belajar laravel saya akan memberikan list – list materi untuk belajar laravel disini

Written by admin