in

Apa itu algoritma ?

Pengertian algoritma

Selamat datang kawan , kali ini saya akan bahas bahas mengenai algoritma . Mungkin buat orang orang TI tentu tau apa itu algoritma ? siapa penemu algoritma ? Untuk apa algoritma ?  . Algoritma adalah langkah langkah memacahkan masalah secara logis dan sistematik .  Kalo menurut wikipedia

algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkahVCXVC untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Jadi algoritma adalah berguna untuk memacahkan masalah tidak hanya masalah soal pemprograman saja tetapi di kehidupan sehari hari juga bisa kita gunakan algoritma . Contohnya apa ? Contohnya kita memiliki persoalan seperti di bawah .

Permasalahan

Kita memiliki 2 gelas yaitu sebut saja gelas a berisi air kopi dan b berisi air teh, nah kita ingin memindahkan air yang berisi teh ke gelas a dan air yang berisi kopi berpindah ke gelas b . Caranya gimana sih ? Coba kita gunakan algoritma, ingat algoritma itu adalah langkah langkah memecahkan masalah secara logis, Jadi coba kita gunakan langkah langkah .

Solusi

Solusinya  adalah kita sediakan lagi satu gelas yang kita beri nama gelas c yang isinya kosong .

1. Pindahkan isi gelas a ke c. sekarang gelas c sudah terisi kopi dan a kosong
2. Pindahkan isi gelas b ke a, sekarang gelas a sudah terisi teh dan b kosong
3. Pindahkan isi gelas c ke b, sekarang gelas b sudah terisi kopi dan c kosong .
4. sekarang gelas a sudah berisi teh dan gelas b sudah berisi kopi .selasai .

Nah itu jadi memacahkan masalahnya dengan langkah langkah tetapi langkah tersebut logis . Solusinya tidak hanya yang di atas saja, tetapi juga bisa dengan cara lain misal menggunakan plastik, menggunakan ember, dan masih banyak cara lainnya . Jadi algoritma itu tidak hanya satu cara tapi berbagai cara bisa dilakukan .

Penemu algoritma 

Siapa sih penemu algoritma ? penemu algoritma adalah seorang ilmuwan muslim yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi, beliau merupakan matematikawan yang bersal dari Persia yang ditemukan pada Abad ke 9 . Dari masa ke masa,kata algoritma mulai berkembang di abad ke 18 .

Baik jadi algoritma tidak hanya komputer saja tetapi di kehidupan sehari hari juga bisa . Itu dia bahas bahas mengenai algoritma . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa .

Written by Bago Cyber