in

5 Daftar Text Editor terbaik 2020

The best text editor 2019


Bagi setiap programmer mungkin Text Editor menjadi senjata atau pelengkap dalam membuat sebuah program. Text editor itu sendiri menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam kegiatan Coding yang dapat membuat kenyamanan dan kerapihan saat membuat sebuah Program bagi setiap Programmer.
Baca Juga : Ini dia sistem operasi kemanusian kepada sesama
Mungkin kebanyakan orang hanya menggunkan text editor bawaan seperti Notepad dalam membuat program, tetapi hal itu tidak akan menjadi masalah jika program yang dibuat tersebut tidak begitu rumit. Oleh karena itu disini Admin akan memberikan solusi kepada kalian yang masih bingung saat ingin menentukan Text editor apa yang sangat populer dan juga mudah untuk digunkan bagi seorang pemula sekali pun.

1. Notepad ++

Notepad++

Di urutan pertama ada Notepad ++, siapa sih programmer yang tidak tau dengan aplikasi text editor ini? memang Notepad ++ hampir sama seperti notepad biasa pada umumnya, tetapi fitur dari text editor ini jauh lebih lengkap dan penggunanya pun sangat mudah dipahami.

Notepad++ juga mendukung beberapa bahasa pemrogramman, di antaranya ada Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan sebagainya. Maka dari itu Notepad ++ sangat populer dikalangan programmer karena penggunaanya yang mudah dan juga cukup banyak mendukung beberapa bahasa yang digunakan.

Situs Resmi https://notepad-plus-plus.org/ 

2. Sublime Text 

Di urutan kedua ada Sublime Text, pastinya beberapa dari kalian sudah pernah mencoba aplikasi text editor ini. Memang penggunaanya agak lumayan sulit dibandingkan Notepad ++, tetapi aplikasi Sublime Text ini mempunyai berapa fitur tambahan seperti command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API. Bagi kalian yang ingin menggunakannya bisa download melalui situs resminya dibwah ini!

Siitus Resmi https://www.sublimetext.com/

3. Atom

logo atom

Di urutan ketiga ada Atom, Text editor ini mempunyai beberapa fitur dan Interface yang hampir sama dengan Sublime text. Sistem operasi yang dapat menjalankan aplikasi Atom diantaranya ada Linux, Mac OS dan juga Windows. Text editor ini cukup populer dikalangan programmer, bagi kalian yang ingin mecobanya bisa di download melalui situs resminya.

Baca juga : Pakage atom yang harus kamu install

Situs Resmi https://atom.io/

4. Visual Studio Code

Logo VSCode
Di urutan keempat ada Visual Studio Code (VSCode), text editor ini sama seperti text editor yang lainnya. Text editor ini memiliki fitur syntax coloring dan bracket matching. Text editor VSCode ini mendukung banyak sekali bahasa pemprograman sperti C++, Coffee Script,Closure, F#, DockerFile, Jade, Go, HandleBars, Java, Lua, Makfile, Objective-C, Markdown, Perl, PowerShell, PHP, Python, R, Ruby, Razor, Visual Basic, XML, dll.

Selain itu VScode juga mendukung fitur IntelliSense yang cukup canggih. Fitur ini bermanfaat sekali dalam mengembangkan aplikasi web yang menggunakan HTML, JavaScript, CSS, JSON, SASS, atau Less. IntelliSensi adalah salah satu fitur untuk membantu kita dalam menulis code program melalui popup yang muncul otomatis saat kita sedang menulis code dan menampilkan saran sintaks yang bisa kita pakai.

Situs Resmi https://code.visualstudio.com/

5. UltraEdit

Logo UltraEdit

Di urutan kelima ada UltraEdit. UltraEdit adalah text editor yang dimendukung beberapa sistem operasi seperti Windwos, Linux, dan OS X di buat pada tahun 1994 oleh IDM Computer Solution Inc. UltraEdit ini memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan text editor lainnya. Eultra Edit ini memiliki fitur untuk memfasilitasi pemkukaan dan pengeditan file dengan ukuran yang cukup besar hingga 4 GB dan bahkan lebih.

Selain itu dengan menggunakan UltraEdit kita juga bisa melalukan highlight dan blocking pada coding-ngan kita sehingga coding dapat leih mudah dimengerti. Selain itu terdapat fitur auto completion, sehingga mempercepat penulisan kode. Terdapat juga fitur encryptoin dan decryption yang menjunjang keamanan dalam penulisan kode. Selain itu juga banyak fitur fitur lainnya.

Situs Resmi https://www.ultraedit.com/

Penutup

Itulah senjata – senjata yang dapat digunakan adalah menulis kode. Semoga artikel ini bermanfaat, jika bermanfaat silahkan share artikel ini agar teman kalian juga mendapatkan informasi yang bermanfaat ini juga, karena makin tau makin banyak ilmu 🙂 .
Baca juga : Perbedaan HTTP dan HTTPS
Kunjungi juga

https://www.masjoox.com/2019/08/bahasa-pemrograman-untuk-pemula.html

Written by admin