in

8 Cara Ternak Kerbau Agar Cepat Gemuk dan Beromset Milyaran

Cara Ternak Kerbau – Kerbau menjadi salah satu hewan yang memiliki banyak kegunaan serta manfaat yang bisa diperoleh bagi semua manusia. Kerbau sendiri berbeda dengan sapi meskipun memiliki golongan yang sama sebagai hewan ternak. Hal ini tidak hanya pada karakteristiknya saja, tetapi juga pada cara ternak kerbau modern itu sendiri. Ada beberapa hal tertentu yang harus menjadi perhatian khusus.

Cara Ternak Kerbau, Budidaya Kerbau, Kerbau Perah, Kerbau Pekerja, Kerbau Pedaging

Dalam hal ini, populasi kerbau di Indonesia terbilang cukup banyak dan Indonesia memiliki keunggulan untuk dapat mengekspor daging kerbau ke beberapa negara di sekitar. Seiring dengan berkembangnya zaman, hingga saat ini banyak perternakan yang sukses untuk mengembangkan populasi kerbau. Meski begitu, terdapat beberapa orang yang kebingungan cara memeliharanya dengan baik dan berikut ulasannya.

Cara Ternak Kerbau Agar Cepat Gemuk

Bagi sebagian orang memang percaya bahwa kerbau menjadi salah satu hewan yang memiliki kedekatan dengan manusia. Kerbau sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan populasi terbanyak ada di benua Afrika. Hingga saat ini, Anda dapat mengetahui beberapa jenis dari kerbau yang tersebar di beberapa wilayah termasuk Indonesia.

Untuk melakukan ternak kerbau ada beberapa cara dan tahapan yang harus di lakukan secara benar. Karena jika tidak maka akan muncul kesalahan yang dapat mempengaruhi kesehatan dari kerbau itu sendiri.

1. Dapatkan Tempat Bibit Terbaik

Langkah pertama adalah mencari beberapa sumber untuk mendapatkan bibit kerbau yang baik. Hal ini seringkali di abaikan begitu saja oleh beberapa orang.

Dalam pemilihan bibit sendiri tentunya berpedoman dengan pilihan individu ataupun berdasarkan beberapa pertimbangan penting serupa. Namun, untuk menghasilkan kerbau yang sehat atau tidak cacat, anda perlu memilih bibit yang bagus. Pada umumnya yang paling penting diperhatikan di sini adalah memilih bibit yang memiliki kesehatan terjamin.

2. Memilih Bibit Yang Sehat

Kesehatan di sini dapat dilihat dari bibit dari kerbau ataupun tempat penjualan. Jika tempat penjualan tersebut bersih dan steril maka kesehatan dari kerbau juga sangat terjamin. Namun jika seandainya kesehatan lingkungan dari tempat penjualan bibit tersebut kotor, maka dapat dipastikan kerbau akan sakit. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui serta mengecek kesehatan dari bibit kerbau tersebut.

Untuk memilih bibit kerbau berjenis kelamin laki-laki, dapat anda perhatikan dari pertumbuhan yang cepat besar. Selain itu usahakan anda perhatikan keadaan bentuk kerbau apakah sempurna atau cacat. Di lain sisi kerbau jantan biasanya memiliki alat kelamin yang normal. Perhatikan juga keadaan mata dari kerbau apakah bersih mengkilap, karena hal ini berhubungan langsung dengan kesehatan.

Untuk memilih bibit kerbau berjenis kelamin betina tentunya hampir sama dengan pemilihan bibit berjenis kelamin jantan. Namun, sebagai pembeda kerbau betina memiliki kulit yang lebih lembut dan mempunyai 4 buah puting yang bersih.

Di lain sisi perhatikan juga badan dari kerbau. Pastikan ia tidak kurus dan benar-benar normal. Perhatikan juga kaki dari kerbau, apakah dia termasuk yang kokoh atau cacat. Selain itu, perhatikan juga kebersihan lidah kerbau serta kotoran dari kerbau harus dipastikan normal.

3. Pilih Berdasarkan Jenis Bibit dan Buat Kandang yang Cukup

Anda juga dapat memilih kerbau dari beberapa karakteristik berat yang berbeda-beda dari setiap jenis bibit. Biasanya kerbau berjenis murrah dengan kelamin jantan memiliki rata-rata berat sekitar 544 kg. Sedangkan untuk jenis betina mempunyai berat rata-rata sekitar 450 kg.

Anda juga perlu mengetahui bahwa produksi susu dari kerbau rata-rata per laktasinya adalah sekitar 1800 kg. Jumlah tersebut dapat diperoleh selama 9 sampai 10 bulan. Setelah melakukan pemilihan bibit kerbau jantan dan betina Anda bisa membuat kandang untuk para kerbau tersebut. Ukuran dari kandang di sini tergantung dari tingkat keuangan yang anda miliki.

4. Berikan Pakan yang Cukup dan Bergizi

Dapat di logika bahwa kerbau yang memiliki badan gemuk tentunya masalah makanan setiap hari pasti mencukupi. Jika setiap hari kerbau diberikan pakan yang cukup dengan gizi yang tinggi tentunya hal ini akan membuat kerbau tersebut cepat gemuk dan tumbuh. Ini adalah salah satu cara budidaya kerbau yang paling penting, khususnya dalam hal penggemukan.

Biasanya pakan terbaik untuk kerbau terdiri dari bahan tumbuhan hijau alami. Jika Anda memang menginginkan ternak kerbau agar cepat gemuk maka harus mencari rumput segar. Rumput segar di sini setiap harinya harus mencapai sekitar 35 sampai 50 kg. Jika hal tersebut dapat dilakukan setiap hari secara rutin, maka pertumbuhan berat badan dari kerbau akan berkembang 10%.

Untuk memberikan pakan hijau dari tumbuhan rumput dapat dilakukan setiap 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Beberapa tumbuhan atau rumput yang bisa anda gunakan contohnya seperti rumput raja, rumput benggala, rumput gajah dan sebagainya. Namun, pastikan pakan tumbuhan yang diberikan aman dari zat berbahaya. Sehingga tidak mengancam keselamatan atau kesehatan kerbau itu sendiri.

Jika anda mendapati musim kemarau berkepanjangan, maka pastinya pakan tumbuhan akan sulit untuk dicari. Maka langkah yang harus anda lakukan adalah memberi kerbau pakan dari limbah pertanian. Tentunya limbah pertanian akan melewati beberapa proses secara aman sehingga dapat dikonsumsi oleh kebrau. Limbah pertanian di sini dapat berupa jerami padi ataupun sejenisnya.

Baca Juga: Cara Beternak Sapi Pedaging Agar Sukses

Cara Ternak Kerbau dengan Keuntungan Besar

Dalam dunia bisnis tentunya setiap orang menginginkan keuntungan dari apa yang dilakukannya. Apapun jenis dan bentuknya, pasti ia ingin mencari keuntungan besar yang bisa didapatkan secara rutin. Termasuk dari bisnis berternak kerbau yang menguntungkan. Di Indonesia sendiri telah banyak bisnis peternakan kerbau dari berbagai model yang dikembangkan.

Tentunya peternakan kerbau tersebut ada beberapa tujuan antara lain adalah untuk menambah populasi kerbau agar tidak menurun dari tahun ke tahun. Selain itu tentunya bisnis ternak kerbau sendiri dilakukan untuk mencari keuntungan. Namun bagaimana cara ternak kerbau modern dengan keuntungan yang besar? Berikut ini terdapat beberapa penjelasan yang bisa anda ketahui.

1. Pilih Bibit Jantan dan Betina dengan Baik

Semua orang mengetahui bahwa untuk memperoleh keuntungan yang besar termasuk dari ternak kerbau di sini tidaklah mudah. Harus melewati beberapa tahap dan melewati waktu yang panjang agar memperoleh keuntungan yang telah diharapkan sebelumnya. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal ini, alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu pemilihan bibit kerbau jantan dan betina.

Pemilihan bibit sangatlah penting untuk dilakukan karena menjadi prosedur awal dari ternak yang ingin dijalankan. Di lain sisi, dalam pemilihan bibit di sini juga memiliki peraturan yang mungkin perlu Anda kenali. Dengan memilih bibit yang sehat dan terawat maka kerbau yang anda ternak nantinya besar kemungkinan akan berjalan baik tanpa adanya masalah atau bahkan membawa kerugian.

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat atau wilayah yang menjual bibit kerbau jantan dan betina. Dalam memilih bibit kerbau dengan ciri-ciri yang sehat, juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini Anda harus memperhatikan tingkat kebersihan lingkungan yang ada di sekitar penjualan bibit kerbau tersebut. Pastinya kerbau akan sehat jika lingkungan sekitar mendukung kebersihannya.

2. Pastikan Ciri Fisik Kerbau yang Dipilih Sehat dan Baik

Cara selanjutnya adalah, perhatikan kesehatan fisik yang dimiliki kerbau. Biasanya kerbau yang sehat menunjukkan sikap yang aktif. Sikap aktif di sini maksudnya adalah tidak lemas atau lebih memilih untuk berdiam diri. Selain itu, pilihlah kerbau memiliki badan besar dan lebar serta tidak cacat di salah satu anggota badan tersebut.

Perhatikan juga warna kulit dari kerbau serta wajah baik yang jantan maupun betina. Biasanya kerbau yang sehat memiliki mata bersih, bersinar serta mempunyai hidung yang bersih. Selain itu kesehatan juga dapat anda perhatikan dari lidah kerbau tersebut apakah bau rumput atau mengandung bau lainnya. Perhatikan juga ke empat kaki yang dimiliki kerbau apakah tegak kokoh atau justru cacat dan lemas.

Biasanya kerbau berjenis kelamin jantan mempunyai badan yang lebih kekar dan lebih berat jika dibandingkan kerbau betina. Selain itu kerbau berjenis kelamin jantan memiliki alat kelamin yang normal atau tidak cacat. Di sisi yang lain kerbau berjenis betina mempunyai beberapa puting yang sehat dan bersih. Beberapa hal di atas tadi menjadi daftar informasi penting saat memilih bibit kerbau jantan maupun betina.

3. Siapkan Pula Modal Ternak yang Cukup

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar tentunya Anda juga perlu modal yang besar. Modal di sini dapat dialokasikan untuk pembelian bibit dalam jumlah yang diinginkan, pembuatan kandang serta beberapa hal tambahan lain. Untuk mendapatkan keuntungan besar, di sini pastinya Anda harus membeli bibit dalam jumlah yang banyak pula. Selain itu, tentunya juga harus membuat kandang dengan ukuran yang luas.

Dalam memperoleh keuntungan tentunya Anda juga perlu memperhatikan pemberian pakan. Pemberian pakan di sini harus teratur mulai dari jenis tumbuhan ataupun pakan hasil pengolahan. Supaya keuntungan pasar dapat memihak kepada anda, carilah beberapa jalan untuk menjual kerbau kerbau tersebut. Anda bisa menjual kerbau tersebut dalam berbagai aspek baik tatap muka ataupun online.

4. Manfaatkan Segala Kesempatan dan Cerdas dalam Penjualan

Jadi anda harus memanfaatkan semua kesempatan agar keuntungan juga kian tinggi. Dalam hal ini anda harus pintar untuk menjalani proses berdagang agar ternak bisa terjual ke konsumen dengan harga lebih baik. Biasanya konsumen sendiri memiliki pedoman untuk membeli harga kerbau yang murah. Hal ini menjadi tantangan bagi anda untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

Anda juga perlu menerapkan tata cara berdagang yang baik agar para konsumen tidak kabur. Yakni harus memiliki sikap yang ramah serta sabar saat meladeni transaksi penjualan kerbau tersebut. Jika anda dapat menerapkan hal ini, konsumen akan memberitahukan kepada konsumen lain agar membeli kerbau kepada anda.

Cara Menjinakkan Kerbau

Semua jenis kerbau tentunya memiliki temperamen yang berbeda-beda dengan manusia. Ada yang memiliki temperamen tinggi dan juga temperamen rendah sehingga manusia harus berhati-hati agar tidak terluka atau apapun itu. Dalam hal ini, akan lebih baik jika kerbau tersebut dijinakkan terlebih dahulu.

Untuk menjinakkan kerbau sendiri terdapat dua cara yang bisa dilakukan dan hal ini cukup ampuh untuk dibuktikan. Biasanya proses menjinakan kerbau ini bisa lakukan sejak kecil atau saat kerbau tersebut lahir. Namun, juga bisa dilakukan saat kerbau telah dewasa. Beberapa orang percaya bahwa mendidik kerbau dari lahir membuat kerbau tersebut lebih jinak dan patuh.

1. Menjinakkan Kerbau Sejak Kecil

Jika Anda memang menginginkan untuk menjinakan kerbau maka lebih baik dilakukan dari lahir. Sehingga jika kerbau telah beranjak dewasa akan tetap jinak ke semua orang. Jika kerbau telah lahir, Anda harus memberikan perawatan yang intens kepada anak kerbau tersebut. Pastikan anak kerbau tersebut mendapatkan perawatan serta pakan yang cukup.

Anda dapat memberikan susu atau asupan lain yang bisa membuat anak kerbau tersebut nyaman. Selain itu Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti memandikan kerbau setiap harinya. Untuk menjinakkan kerbau sendiri Anda harus melakukannya dengan penuh kasih sayang agar kerbau memiliki sifat yang baik seperti yang diinginkan.

Dalam proses tersebut Anda wajib memberikan pelajaran terkait tata cara hal-hal baik yang harus dilakukan oleh kerbau tersebut. Pastikan juga posisi anda membuat kerbau nyaman sehingga akan tumbuh kasih sayang. Jika hal ini rutin dilakukan dari kecil maka dapat dipastikan dalam pertumbuhannya menjadi dewasa dia akan semakin jinak.

2. Menjinakkan Kerbau Dewasa

Untuk menjinakan kerbau yang telah dewasa tentunya membutuhkan waktu dan perasaan yang lembut. Karena anda juga tidak tahu temperamen yang terpendam dari kerbau tersebut. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengelus-elus bagian kepala atau badan kerbau. Pastikan kerbau nyaman dengan posisi anda yang berada di samping kerbau tersebut.

Dengan begitu, kerbau memiliki anggapan bahwa anda tidak akan menyakiti saat berada di dekatnya. Setelah itu, Anda bisa memberikan pakan berupa tumbuhan yang disukai kerbau. Carilah pakan yang segar dalam jumlah besar setiap harinya. Berikanlah pakan tersebut di waktu pagi dan sore hari secara rutin

Lakukanlah pendekatan ini setiap hari serta lakukanlah interaksi dengan kerbau jika ia melakukan kesalahan. Di lain sisi, anda juga bisa memandikan kerbau tersebut sampai bersih di sungai atau di rumah.

Pastikan anda memandikan kerbau dengan rasa kasih sayang sehingga kerbau sendiri juga merasakan hangatnya kasih sayang tersebut. Anda dapat melakukannya ini dalam dua atau tiga hari 1 kali. Tentu saja dengan catatan tetap hati-hati karena jika ia sedang temperamen maka bisa membuat Anda terluka.

Jika anda sedikit terluka karena temperamen tinggi yang ditunjukkan oleh kerbau, maka segera lakukan pengobatan. Meski demikian, pastikan anda tetap melakukan pendekatan agar kerbau menjadi jinak. Ketika ia sudah jinak nanti, maka akan lebih mudah mengontrolnya.

Kebutuhan Pakan Kerbau dan Tips Pemberian Pakannya

Pakan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi setiap hewan termasuk kerbau. Pastinya anda mengetahui bahwa kerbau membutuhkan pakan yang lebih banyak sehingga membuat badan kerbau terlihat gemuk dan besar. Pakan kerbau sendiri harus mencukupi setiap harinya serta memiliki kandungan gizi yang seimbang agar pertumbuhan dapat stabil.

Bagi Anda yang masih pemula, ketika memberikan makanan kepada kerbau, di sini yang paling utama adalah pakan berupa tumbuhan. Pakan tumbuhan dapat berupa rumput dari berbagai jenis. Setidaknya Anda harus mencari rumput sekitar 35 kg sampai 45 kg per harinya. Ini adalah salah satu cara ternak kerbau yang baik untuk diterapkan sehingga pertumbuhan dari kerbau akan lebih cepat dan sehat dari hari ke hari.

Pemberian pakan rumput di sini dapat dilakukan di waktu pagi dan sore hari. Usahakan pemberian pakan tidak telat dan teratur agar kerbau memiliki pertumbuhan yang semakin baik. Di lain sisi, Anda hatus memperhatikan kondisi rumput yang diberikan. Jangan sampai pakan rumput di sini mengandung zat-zat yang berbahaya sehingga dapat membuat kerbau sakit.

Selain memberikan pakan tumbuhan Anda juga perlu memberikan pakan lain. Tentunya tumbuhan ini akan selalu ada di musim penghujan dan tidak sulit untuk mencarinya. Namun, jika pada musim kemarau tentu rumput-rumput akan sulit untuk dicari sehingga Anda harus mencari alternatif lain. Dalam hal ini anda bisa memberikan pakan yang telah diolah seperti jerami padi.

Jerami padi sendiri harus melewati beberapa tahap untuk bisa dimakan oleh kerbau. Jerami padi tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu untuk beberapa hari setelah itu bisa diberikan secara langsung kepada kerbau.

Gemuk atau tidaknya kerbau di sini tergantung dari pemberian pakan anda lakukan. Jika pemberian pakan rutin dengan gizi yang cukup maka dapat dipastikan kerbau akan tumbuh gemuk dan besar. Namun, jika pemberian pakan tidak rutin atau asal-asalan maka dapat dipastikan kerbau memiliki badan yang kurang memuaskan.

Jadi Anda juga perlu memperhatikan tingkat pemberian pakan di atas tadi setiap harinya. Kerbau sendiri memiliki selera makan yang tinggi saat beranjak dewasa sehingga membutuhkan banyak asupan makanan agar bisa tumbuh kembang. Untuk itu, sebagai pemilik Anda harus menyesuaikan kebutuhan pakan sesuai usia dan ukuran kerbau.

Analisis Usaha Ternak Kerbau

Membangun usaha ternak, memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena untuk mendirikan sebuah ternak tentu harus memiliki modal serta Anda harus memiliki materi yang sudah dikuasai. Hal ini tidak mengecualikan jenis ternak kerbau. Ternak kerbau sendiri menjadi salah satu hal yang tidak asing lagi di Indonesia. Apalagi mengingat kerbau juga cukup banyak ditemukan di beberapa wilayah.

Nah, nagi Anda yang masih bingung bagaimana analisis soal keuntungan dan kerugian dari ternak kerbau, berikut ini adalah penjelasannya.

Keuntungan Ternak Kerbau

Keuntungan dari ternak kerbau yang pertama adalah ia memiliki harga yang tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan bisa dibilang harga yang dimiliki oleh kerbau relatif tinggi jika dibandingkan dengan ternak hewan lainnya seperti sapi.

Anda juga perlu mengetahui bahwa harga dari kerbau berbeda-beda tergantung dari jenis serta berat. Semakin besar dan gemuk kerbau tersebut semakin besar pula nilai harga jualnya. Keuntungan lain dari ternak kerbau sendiri dapat dijual ke beberapa orang dengan mematok harga tertentu. Keuntungan ternak kerbau secara umum

  1. Dapat di Jual Mahal
  2. Proses Penggemukkan Cepat
  3. Dagingnya yang Lezat
  4. Kelangkaan / Tidak Mudah Didapat
  5. Tidak Banyak Tingah / Tidak Ribet
  6. Mudah Dijinakkan
  7. Mudah Menyerap Gizi dan Nutrisi

Kekurangan / kerugian Ternak Kerbau

Di lain sisi, kerugian ternak kerbau sendiri juga cukup bermacam-macam. Dalam hal ini, anda harus menginvestasikan waktu dan tenaga untuk mencari rumput sebagai pakan setiap hari dari kerbau tersebut.

Bahkan jumlah dari rumput sendiri harus sama dengan jumlah kerbau yang ada di kandang. Jadi anda harus ekstra fokus dalam mencari makan berupa tumbuhan agar kerbau dapat berkembang dengan baik. Kerugian lain adalah Anda harus bersaing dengan penjual lain untuk menjual kerbau. Lebih tepatnya ini adalah tantangan yang cukup sulit dihadapi apalagi bagi pemula

Tentunya jika anda ingin melakukan bisnis ternak kerbau harus menyiapkan modal yang cukup besar. Apalagi jika anda mencari keuntungan yang besar. Tanpa modal yang cukup maka hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal. Kekuraan berternak kerbau secara umum antara lain.

  1. Hewan Mudah Sakit
  2. Badan Cepat Sekali Bau
  3. Kotor dan Jorok
  4. Makan Banyak
  5. Di Gembalakan
  6. Tidak Gesit
  7. Harga Mahal

Manfaat Berternak Kerbau

  1. Dapat menghasilkan susu yang banyak dan berkualitas (berternak kerbau perah)
  2. Bisa dijadikan hewan pekerja (berternak kerbau pekerja)
  3. Dapat mengahasilka daging berkualitas harga mudah (berternak kerbau pedaging)

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging

Selain itu, pastikan beberapa hal di atas tadi anda cermati dengan baik, jika memang ingin melakukan ternak kerbau di kemudian hari. Beberapa hal yang perlu dicermati lainnya adalah adalah mengenai cara ternak kerbau yang baik dengan pemeliharaan yang benar, soal pemberian pakan hingga memperhatikan kebersihan dari kerbau sendiri. Tujuannya agar kerbau terhindar dari berbagai penyakit. Intinya dalam berternak kerbau agar sukses yaitu selalu jaga kebersihan kandang, kesehatan hewan dan nutrisi serta gizi pakan.

Written by Portal Hewan