Jenis Ikan Piranha
in

11 Jenis Ikan Piranha, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Piranha – Mengenal jenis ikan piranha yang wajib Anda tahu. Piranha adalah jenis ikan tawar yang hidup di sungai Amazon. Mendengar namanya mungkin Anda langsung merinding karena diidentikkan sebagai ikan pemakan manusia seperti di film-film. Itu hampir benar karena piranha merupakan ikan predator yang hidup secara berkoloni. Penelitian yang telah dilakukan, ikan piranha memiliki 60 spesies.

Jenis Ikan Piranha

Dari spesies ikan piranha tersebut, hanya beberapa saja yang bisa dipelihara atau diperjual belikan di pasaran. Biasanya ikan ini dijadikan sebagai ikan hias. Hanya saja, hindari memelihara di akuarium yang terbuka. Pastikan anak kecil dihindarkan dari ikan piranha karena kapan saja bisa menggigitnya. Nah, bagi yang ingin mengenal jenis ikan air tawar ini, simak jenis-jenisnya seperti berikut.

Jenis Ikan Piranha di Dunia

1. Ikan Piranha Pygopristis Denticulata

Piranha Pygopristis Denticulata, Jenis Ikan Piranha Pygopristis Denticulata, Jenis Piranha, Piranha

Ikan piranha ini memiliki nama latin Pygopristis Denticulata. Ikan ini juga dikenal dengan sinonim nama lain seperti Serrasalmus denticulatus. Banyak yang menyebutkan dengan nama piranha emas karena tubuhnya berwarna emas. Selain itu, tidak sedikit yang menyebutnya big toothed piranha atau piranha bergigi besar. Dibanding jenis piranha lain, ukuran gigi yang dimilikinya memang lebih besar.

Ukuran panjang tubuh bjenis piranha ini bisa mencapai 20 cm. Jenis ikan ini memiliki sifat yang kanibal, agresif, predator dan juga pemakan daging alias karnivora. Ikan piranha ini mempunyai rahang yang sangat kuat dengan susunan gigi yang bisa dibilang sangat unik. Bukan hanya tajam saja, giginya juga sangat tajam.

Saat menemukan makanan, ia akan mencabik mangsa sebelum ditelan. Ikan yang biasanya hidup di soliter tersebut mempunyai warna punggung kebiruan dan kekuningan untuk bagian perut. Di seluruh tubuhnya juga ada bintik hitam. Ikan piranha ini mempunyai mata yang besar dengan lubang hidung yang besar juga. Sirip berwarna kemerahan dengan bentuk kepala yang cembung.

Habitat utama jenis ikan piranha ini ada di perairan air tawar hingga hidup secara pelagis di sungai berlumpur. Ikan ini bisa juga ditemui di danau ikan tawar dan juga rawa yang berlumpur. Habitat aslinya ada di sungai Amazon dan menyebar ke daerah lain seperti Guyana, Amerika Selatan, Venezela hingga Suriname.

Harga ikan piranha pygopristis denticulata untuk ukuran kecil berkisar Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Sedangan untuk ukuran besar berkisar antara Rp. 35.000 – Rp. 45.000

2. Ikan Piranha Pygocentrus Nattereri

Piranha Pygocentrus Nattereri, Jenis Piranha

Jenis piranha berikutnya adalah Pygocentrus nattereri atau yang akrab dikenal dengan nama piranha merah. Sama dengan kawannya, ikan piranha ini mempunyai ukuran maksimal panjang hingga 30 cm. Ikannya hidup dengan memakan daging, sangat agresif dan juga bersifat preadator dan kanibal. Ciri utama piranha merah adalah rahang yang kuat dengan susunan gigi yang sangat tajam dan unik.

Sama dengan ikan piranha sebelumnya, jenis piranha terganas di dunia ini mencabik mangsa sebelum dimakan. Ikan piranha ini bisa hidup secara soliter. Tubuhnya memiliki warna perak kemerahan dengan bentuk mulut kecil dan kepala yang tumpul. Habitat hidupnya berbeda dengan ikan piranha sebelumnya. Karena piranha merah hidup di sungai, anak sungai, kolam, kawasan hutan hujan hingga danau.

Ikan piranha merah juga bisa hidup di pelagis air tawar, sungai berlumpur, dan berkembang di daerah Guyana dan juga Brazil. Bukan hanya bisa ditemui di sungai, jenis ikan ini bisa ditemukan di danau air tawar dan juga rawa. Penyebaran ikan piranha merah cukup unik karena berbeda dengan ikan piranha lain. 

Ikan piranha jenis ini mampu menyebar di alam yang sangat luas di Amerika. Anda bisa menemukan ikan piranha merah di Ekuador, Paraguay, Rio Paraguay, Uruguay, hawaii, Ontario, Virginia, Florida, Texas, Nebrakan, Ohio, Minnesota dan masih banyak daerah lain di Amerika. Jadi tidak terlalu sulit untuk bisa menemukan jenis ikan piranha ini.

Harga ikan pirana pygocentrus nattereri untuk ukuran kecil berkisar Rp. 12.000 – Rp. 15.000. Sedangan untuk ukuran besar berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 45.000

3. Ikan Piranha Pygocentrus Cariba

Piranha Pygocentrus Cariba, Ikan Piranha Terganas, Jenis Ikan Piranha

Macam Ikan piranha ini memiliki nama latin Pygocentrus Cariba. Di dalam istilah umum, ikan ini juga memiliki nama lain black spot piranha karena menyesuaikan warna tubuhnya. Di kalangan ilmuwan, jenis piranha ini juga dikenal dengan nama Juvenil. Ikan piranha dewasa jenis ini memiliki tubuh abu-abu sedikit keperakan dibagian atasnya. Juvenil mempunyai bintik hitam di sekujur tubuh bagian atas.

Dilihat sekilas, Juventil memiliki kemiripan dengan Pygocentrus nattereri. Tubuh bagian bawahnya berwarna merah orange dengan bervariasi antara ikan lainnya. Kepalanya sebagian besar berwarna abu-abu dengan merah dibagian sisi bawah. Matanya berwarna keperakan dengan pigmen hitam dibagian atas dan bawah iris.

Sirip anal dan juga sirip dada ikan piranha ini berwarna orange tapi ada juga yang berwarna merah cerah. Siripnya memiliki warna gelap abu-abu sehingga tampak sedikit elegan. Sirip ekor memiliki warna yang sama dengan redbelly, yakni gelap yang bagian vertikal cahayanya ada di tengah tubuh ikan tersebut.

Ikan piranha ini biasanya beradaptasi di wilayah yang hangat. Jadi wajar jika biasanya ikan piranha ini bisa ditemui atau hidup di air tawar yang beriklim tropis. Habitat asli menyebar di sekitar lembah dan dataran rendah di wilayah Rio Orinoco dan juga Lianos di wilayah Venezuela.

Harga ikan piranha pygocentrus cariba untuk ukuran kecil berkisar Rp. 7.000 – Rp. 10.000. Sedangan untuk ukuran besar berkisar antara Rp. 30.000 – Rp. 35.000

4. Ikan Piranha Serrasalmus Sanchezi

Piranha Serrasalmus Sanchezi, Jenis Ikan Piranha, Piranha Serrasalmus Sanchezi

Jenis ikan piranha berikutnya memiliki nama latin Serrasalmus Sanchezi. Ikan piranha ini mempunyai nama lain ruby red piranha atau piranha perut merah. Wajar karena ikan piranha ini mempunyai perut yang merah cerah yang begitu tajam alias menonjol. Panggul ikan piranha ini juga sedikit berbintik dengan warna perak.

Dilihat dari tubuhnya, ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang pipih dengan bentuk kepala yang sedikit cekung. Di bagian sirip juga berwarna pectoral merah dengan sirip anak berwarna abu kemerahan. Sirip dorsal, adiposa dan ventral berwarna gelap dengan garis tengah putih dan abu-abu. Warna mata sedikit merah sehingga sangar.

Juventil ada yang berwarna perak di sekujur tubuhnya. Warna perak tersebut ditutupi bintik warna hitam berukuran kecil-kecil. Ikan ini mirip dengan jenis piranha lain ketika masih remaja. Ukuran tubuh memang agak mungil sehingga tampak tidak terlalu ganas ketika dilihat.

Habitat utama ikan piranha ini ada di kolam, danau dan juga sungai. Penyebaran wilayahnya juga beragam. Anda bisa menemui ikan piranha ini di wilayah umum seperti Peru, Lotero dan wilayah sedikit di Rio Ucayali dan juga Reserva Nasional Pacaya Samiria.

Harga ikan piranha pygocentrus sanchezi untuk ukuran kecil berkisar Rp. 20.000 – Rp. 25.000. Sedangan untuk ukuran besar berkisar antara Rp. 80.000 – Rp. 85.000.

5. Ikan Piranha Serrasalmus Gibbus

Piranha Serrasalmus Gibbus, Ikan Piranha, Jenis Piranha

Ikan piranha berikutnya yang harus diketahui adalah Serrasalmus Gibbus untuk nama latinnya. Sedangkan biasanya ikan ini kerap disebut sebagai gibbus piranha. Ikan ini masuk dalam genus Serralmus untuk keluarga Characidae. Seperti kawannya yang hidup di genus Serrasalmus, ikan ini memiliki sifat karnivora, agresif dengan sifat lain sangat kanibal dan predator.

Jenis ikan piranha paling ganas ini mempunyai rahang yang sangat kuat dengan susunan gigi yang sedikit tajam yang terlihat begitu unik. Ukuran panjang maksimal tidak terlalu besar karena hanya berukuran 21 cm saja. Sama dengan jenis ikan piranha lainnya,

Ikan ini biasanya memangsa dengan mencabik mangsa hingga hancur sebelum dimakan. Habitat ikan piranha ini tidak terlalu jauh dengan piranha lain. Pasalnya hidup di air tawar seperti kolam, sungai dan juga danau.

Ikan ini biasanya memperlukan habitat yang sedikit hangat untuk berkembang biak dan tumbuh. Jadi tidak heran jika Anda bisa menjumpai ikan piranha ini di wilayah pelagis. Wilayah habitatnya ada di perairan tawar yang berada di iklim tropis.

Harga ikan piranha Serrasalmus Gibbus untuk ukuran kecil berkisar Rp. 15.000 – Rp. 17.000. Sedangan untuk ukuran besar berkisar antara Rp. 60.000 – Rp. 65.000.

6. Piranha Serrasalmus Rhombeus

Piranha Serrasalmus Rhombeus, Jenis Piranha

Ikan piranha termahal berikutnya memiliki nama latin Serrasalmus Rhombeus dan sebutan lain black piranha. Dari namanya saja sudah tahu jika piranha ini masuk di genus Serrasalmus seperti sebelumnya. Nama lain ikan piranha ini adalah red eye piranha atau piranha mata merah. Ini sesuai dengan warna mata yang piranha ini miliki.

Piranha jenis ini mempunyai warna tubuh yang agak hitam pekat. Matanya berwarna merah dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Bukan hanya matanya saja yang besar, lubang hidungnya juga agak besar sehingga terlihat jelas.

Ikan piranha ini termasuk pelagis air tawar. Biasanya ikan ini hidup dan berkembang biak di sungai yang sedikit berlumpur. Bukan hanya di sungai saja, ikan ini bisa juga hidup di danau air tawar sekaligus sungai ataupun rawa berlumpur seperti yang telah disinggung sebelumnya.

Penyebaran jenis ikan piranha ini tidak jauh beda dengan ikan piranha lain. Pasalnya hidup di daerah tropis yang cenderung menghangatkan sepanjang tahun. Penyebaran wilayah asli piranha mata merah ada di sungai Amazon, Orinoca dan juga Guiana.

Harga ikan piranha Serrasalmus Rhombeus berkisar Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000

7. Ikan Piranha Serrasalmus Spilopleura

Piranha Serrasalmus Spilopleura, Jenis Piranha, gold spilopleura, speckled piranha, gold piranha

Ikan piranha berikutnya bernama Serrasalmus Spilopleura atau gold piranha. Nama umum ikan piranhanya adalah gold spilopleura, speckled piranha dan juga reby red oiranha. Piranha jenis ini memiliki sifat yang sama dengan piranha pada umumnya. Yaitu bersifat agresif, kanibal, predator, soliter dan juga pemakan daging.

Piranha ini mempunyai ukuran maksimal 30 cm sehingga lebih panjang dibanding piranha sebelumnya. menariknya, ikan piranha ini mampu berenang dengan cepat untuk mengejar mangsa ataupun melarikan diri dari predatornya. Sama dengan ikan piranha lain, cara makan ikan ini adalah mencabik mangsa sebelum ditelan.

Warna ikan piranha ini adalah kehijauan di sekitar punggung dengan kekuningan di bagian perut. Di bagian perut tersebut ada semacam bintik hitam yang hampir menyebar di seluruh tubuh. Bentuk kepala agak unik karena lebih cembung dengan mata yang besar. Lubang hidung yang dimiliki ikan piranha ini juga lebih besar/

Biasanya habitat utama ikan piranha ini ada di perairan tawar seperti sungai, rawa, danau. Pastinya, semua habitat tersebut sedikit berlumpur karena karakteristik ikan piranha sendiri. Biasanya ikan ini menyebar di Brazil,. Tepatnya di sungai Rio Guapore, Brazil.

Harga ikan piranha Serrasalmus Spilopleura berkisar Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000

8. Piranha Serrasalmus Serrulatus

Piranha Serrasalmus Serrulatus

Jenis ikan piranha berikutnya adalah Serrasalmus Serrulatus. Ikan piranha ini kerap disebut dengan nama little saw piranha dan juga serrated piranha. Sesuai nama ilmiahnya, ikan piranha ini termasuk kedalam genus serrasalmus.

Tidak ada perbedaan dari sifat asli Serrasalmus Serralatus dibanding ikan piranha lain. Wajar karena sifat aslinya masih tetap sama. Yaitu sangat agresif dan pemakan daging serta kanibal. Berbeda dengan ikan piranha lain, gigi yang dimilikinya cenderung lebih kecil sesuai nama yang diberikan.

Meskipun kecil, ikan piranha ini mempunyai rahang yang cukup kuat untuk mencabik mangsa. Panjang maksimal ikan piranha ini hanya 19 cm. Warna tubuh identik perak kehitaman dengan totol dibagian tubuh atas. Selain itu, warna mata juga agak merah dan besar dengan lubang hidung yang besar.

Habitatnya ada di pelagis air tawar. Anda bisa menemui ikan ini di air sungai, air rawa, air danau. Pastinya karakteristik air tersebut harus berlumpur. Ikan ini bisa ditemukan di Venezuella dan juga Brazil. Habitat asli ada di Sungai Amazon dan juga sungai Ruo Atacivi Venezuela.

Harga ikan piranha Serrasalmus Serrulatus berkisar Rp. 1.500.000 – Rp. 2.500.000

9. Piranha Pristobrycon Striolatus

Piranha Pristobrycon Striolatus

Macam ikan piranha berikutnya yang harus dikenali adalah Pristobrycon Striolatus. Ikan ini termasuk kedalam genus Pristobrycon sesuai nama ilmiah yang ia sandang. Meskipun begitu, ikan piranha ini biasa disebut dengan nama priston striolatus dan juga caribito. Berbeda dengan ikan piranha jenis lainnya, ikan piranha ini mempunyai tubuh yang lebih mungil.

Biasanya ikan ini dipelihara sebagai ikan hias. Wajar karena bentuk tubuhnya sangat cantik. Ikan ini mempunyai panjang hingga 30 cm untuk ukuran dewasa. Bentuk tubuh dskoid dengan tambahan anterodorsal yang sedikit lurus dan melengkung. Ikan ini memiliki kepala yang kuat dengan moncong yang lebih tumpul.

Bagian kepala ikan piranha juga berbeda dengan yang lain. Pasalnya bagian kepala ikan berwarna sedikit silver metalik. Ditambah lagi dengan warna merah dan orange dibagian rahang bawah dan juga opercular. Iris mata berwarna kuning. Sekujur tubuhnya berwarna hijau lateral dengan campuran orange dan merah dibagian perut.

Sirip ikan ini sangat cantik karena berwarna kemerahan. Biasanya ikan ini hidup di zona air tropis dan juga perairan air tawar. Penyebaran ikan piranha ini ada di Amerika Selatan. Lebih tepatnya ada di Venezuela, French Guiana, Guyana, Suriname dan juga Brazil tentunya.

10. Piranha Metynnis Argenteus

Piranha Metynnis Argenteus

Jenis ikan piranha yang sulit dijumpai berikutnya adalah Metynnis Argenteus. Piranha ini masuk kedalam kategori ikan piranha terakhir yang harus Anda kenali. Dimana ikan piranha ini termasuk kedalam genus ,Metynnis yang terkenal dengan nama ikan mungil dengan masa hidup yang cukup lama. Nama lain ikan piranha ini adalah silver dolar.

Ikan piranha silver dollar ini mempunyai tubuh yang sedikit pipih sehingga cukup mungil. Meskipun pipih, ada juga beberapa yang berbentuk bulat dengan ukuran panjang mencapai 15 cm. Masa hidup jenis ikan piranha ini cukup lama karena bisa bertahan hingga 10 tahun di penangkaran. Tentu saja umur yang panjang dibanding ikan piranha lainnya.

Ikan ini sangat cantik sehingga cocok untuk dijadikan ikan hias. Dimana ikan ini berwarna silver yang bagian bintiknya berwarna hijau dengan sedikit warna biru dan warna merah dibeberapa sisi. Sama dengan ikan piranha lain, ikan ini hidup di sungai, rawa dan juga danau., Yang membedakan adalah sungai yang dipilih biasanyua berukuran kecil dengan tumbuhan air didalamnya.

Ikan ini bersifat pemakan tumbuhan alias herbivora. Anda bisa menemukan ikan ini di alam bebas. Biasanya penyebaran ikanya ada di sungai Tapajos di daerah Tropis. Selain itu, ikan ini biasanya juga menyebar di Guyana, paraguay dan kawasan Amerika Selatan lainnya.

Harga ikan piranha Metynnis Argenteus untuk ukuran kecil berkisar Rp. 15.000 – Rp. 17.000. Sedangan untuk ukuran besar berkisar antara Rp. 60.000 – Rp. 65.000.

11. Ikan Piranha Piraya

Piranha Piraya

Ikan yang satu ini sebagaimana jenis lainnya nampaknya juga memiliki cukup banyak nama. Di antaranya seperti pygocentrus piraya. Ia juga biasa disebut dengn San Fransisco Piranha. Saat dijual ia juga biasa disebut sebagai piranha pemakan manusia. Seadngkan karakteristiknya, ia memiliki ukuran yang besar serta bersifat agresif. Sesuai namanya, ia berasal dari lembah sungai Sao di Francisco.

Itu adalah informasi mengenai jenis ikan piranha yang bisa Anda kenali dan ketahui. Meskipun jarang dikonsumsi, tapi ikan ini cukup tenar karena keganasannya. Meskipun demikian, ada beberapa jenis piranha yang bisa dijadikan sebagai ikan hias.

Baca Juga: Jenis Ikan Bawal, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Saat memelihara, Anda harus hati-hati. Pasalnya bawaan ikan piranha adalah ganas, agresif dan juga cepat marah. Belum lagi pemakan daging dan juga kanibal. Pastinya jauhkan anak-anak dari ikan piranha karena sangat agresif.

Written by Portal Hewan